author guidelines

Pedoman Penulis

Pengajuan harus disertai dengan surat pengantar yang memuat:

Surat pernyataan bahwa manuskrip tersebut belum pernah diterbitkan (bahkan dalam prosiding atau sebagai kertas kerja) atau ditawarkan untuk diterbitkan di tempat lain dalam bentuk yang secara substansial sama atau disingkat, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik (misalnya internet). Nama, alamat, nomor telepon dan faks, dan alamat e-mail dari penulis terkait dan penulis yang berkontribusi.

Naskah dikirimkan secara elektronik melalui halaman Sistem Jurnal Terbuka di http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/submissions. Naskah harus diserahkan dalam bahasa bahasa Indonesia dan menggunakan Microsoft Word. File PDF tidak dapat diterima. Sebelum mengirimkan naskah Anda, harap baca panduan ini kepada penulis dan sesuaikan naskah dengan template jurnal cons-iedu. Halaman judul harus menyertakan judul, penulis, dan afiliasi. Judul harus spesifik dan informatif. Abstrak harus dihalaman tersendiri. Itu harus berupa ringkasan satu paragraf yang jelas dan ringkas (kurang dari 200 kata). Soroti tujuan, hasil signifikan, dan kesimpulan utama tanpa menggunakan referensi. Kata kunci minimal 3 kata dipisahkan dengan koma yang dimaksudkan untuk temu kembali literatur, untuk memperluas pencarian, kata kunci harus yang sudah ada di judul.

Teks utama: Teks harus memiliki judul berikut (pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, penutup), dan implikasi (opsional), ucapan terima kasih (opsional), referensi, tabel, dan gambar. Angka-angka dapat diserahkan sebagai file terpisah. Panjang naskah maksimal 6.000 kata (tidak termasuk halaman judul, abstrak, gambar dan tabel) meskipun pengiriman yang lebih pendek sangat dianjurkan.. Tabel, gambar, dan foto Pastikan dengan jelas. Format halaman jurnal harus dipertimbangkan dalam mendesain gambar. Rincian yang diberikan dalam teks tidak boleh diulang dalam tabel dan gambar.

Bagian pendahuluan berisi latar belakang penelitian, penelusuran singkat literatur yang berkaitan dengan masalah yang diangkat, pertanyaan penelitian. Kutipan menggunakan bodynote (nama akhir penulis, tahun: halaman). Panjang bagian pendahuluan 15—20 %  dari total naskah, tidak ada subjudul, tidak ada numbering dan bulleting. Numbering bisa diganti pertama, … kedua, …. atau (1)…, (2)… dalam bentuk paragraf. Pendahuluan ditulis dengan menggunakan jenis huruf Cambria, besaran huruf 11, spasi 1,15 dengan ketentuan line spacing after dan before 0.

Metode penelitian berisi penjelasan metode yang digunakan peneliti untuk menghasilkan temuan. Bagian ini harus menunjukkan prosedur ilmiah secara runtut yang dilakukan penulis hingga menghasilkan kesimpulan. Metode berisi pendekatan dan metode penelitian, sumber data/populasi dan sampel, cara pemilihan sampel/penentuan sumber data, instrumen dan metode pengumpulan data, dan teknik analisis data. Panjang bagian metode berkisar 10—15  % total panjang naskah.  Metode ditulis dengan  jenis huruf Cambria, besaran huruf 11 dengan spasi 1,15, dengan ketentuan line spacing after dan before 0.

Pada bagian hasil penelitian berisi kondisi objektif penelitian. Bagian ini memuat data hasil penelitian yang dapat disajikan dalam beberapa bentuk, misalkan: tabel atau grafik. Tabel atau grafik hanya yang berkaitan dengan hasil penelitian. Keterangan tabel atau grafik ditulis di atasnya, dengan jenis huruf Cambria, besaran huruf 11, spasi 1.15 dengan ketentuan line spacing after dan before 0.

Jika ada subjudul di hasil atau pada bagian lain, tuliskan huruf pertama, kedua dan seterusnya dengan bold. Tidak diberikan nomor, huruf, atau bullet lainnya. Bagian ini ditulis dengan jenis Cambria, besaran huruf 11, spasi 1.15 dengan ketentuan line spacing after dan before 0. Bahasa asing, bahasa daerah, dan istilah tidak baku dicetak dengan huruf miring, kecuali pada nama diri.

Pada bagian pembahasan menjadi aspek terpenting dari keseluruhan bagian penelitian dan selayaknya diberi ruang paling besar. Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang telah diuraikan. Apa makna analisis data yang telah dihasilkan pada bagian hasil?  Bagian pembahasan ini merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga penulis diminta memberikan pembahasan yang lengkap dan jelas.

Pembahasan harus menunjukkan kebaruan dan temuan signifikan dari penelitian yang dilakukan. Pembahasan dilakukan dengan (1) menafsirkan temuan-temuan penelitian, (2) mengintegrasikan temuan dalam struktur ilmu pengetahuan, (3) menungkap temuan-temuan baru (teori baru atau modifikasi teori yang sudah ada), dan (4) penjelasan implikasi temuan secara teori dan praktis.

Gunakan hasil penelitian terbaru dari jurnal bereputasi untuk membahas temuan penelitian. Panjang paparan hasil penelitian dan pembahasan antara 50—60 % dari total panjang artikel. Bagian pembahasan ditulis dengan Cambria, besaran huruf 11, spasi 1,15 dengan ketentuan line spacing after dan before 0.

Hal lain dalam penulisan naskah yang hendaknya dicermati. Tata cara penyajian kutipan, tabel, gambar, ilustrasi, statistik, dan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References. Manuscript berbahasa Indonesia ditulis dengan mengacu kepada tata tulis dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

Bagian simpulan ini berisi temuan penelitian dan intisari hasil pembahasan. Tuliskan secara padat temuan subtansial penelitian yang dilakukan. Kesimpulan harus didukung data dan tidak bersifat spekulatif. Simpulan konsisten dengan tujuan/masalah yang dikaji. Berikan rekomendasi tindak lanjut hasil penelitian dan penelitian lanjutan yang diperlukan. Saran yang besifat common sense tidak perlu dituliskan. Jika diperlukan saran, tuliskan secara spesifik. Kesimpulan dipaparkan dalam bentuk paragraf.  Panjang simpulan antara 5—10%  dari total panjang naskah. Bagian ini ditulis dengan jenis huruf Cambria, besaran huruf  11, spasi 1,15 dengan ketentuan line spacing after dan before 0.

Pada bagian daftar pustaka bahwa sumber rujukan menggunakan pustaka mutakhir. Sumber rujukan minimal 80 % terbitan 10 tahun terakhir. Tuliskan hanya daftar pustaka yang dirujuk di sini dan pastikan semua yang dirujuk di naskah terdaftar di daftar pustaka.

Rujukan yang diutamakan adalah sumber primer berupa manuscript dalam jurnal dan hasil penelitian, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi. Manuscript yang dimuat di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional sangat disarankan/ diprioritaskan untuk dijadikan rujukan.

Tata cara penulisan daftar pustaka mengacu kepada Publication Manual of the American Psychological Association (edisi 6) dan APA Style Guide to Electronic References. Daftar pustaka ditulis dengan Cambria, besaran huruf 10, spasi 1.0, dan ketentuan line spacing after dan before 0.