Analisis Keputusan Masyarakat Kabupaten Bogor Dalam Memilih Produk Gadai Syariah (Studi Pada PT. Pegadaian Syariah Graha Pos Cibinong) Analysis of Community Decisions in Bogor Regency In Choosing Sharia Pawn Products (Study at PT. Pegadaian Syariah Graha Pos Cibinong)

Main Article Content

Linda Lidia Oktaviani
R Ali Pangestu
LIse Purnamasari

Abstract

Masyarakat memilih produk pembiayaan sesuai dengan kebutuhannya seperti untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, biaya pendidikan, modal usaha dan sebagainya. Namun dalam masalahnya, selalu masih ada masyarakat yang hanya ikut-ikutan untuk mengajukan pembiayaan dengan tidak memahami prosedur atau hanya ingin cepat mendapatkan dana tanpa mengkhawatirkan legal atau tidaknya lembaga keuangan tersebut, Lalu penelitian ini akan membuktikan apakah faktor pelayanan, kepercayaan, alasan syariah dan promosi dapat menjadi penentu keputusan masyarakat kabupaten bogor untuk menggadaikan barang secara syariah. Dengan adanya pengaruh terhadap keempat variabel menjadi bukti bahwa masyarakat menggadaikan barang secara syariah karena ketertarikan terhadap pelayanan karyawan, kepercayaan terhadap lembaga, memiliki pemahaman terhadap syariat islam tentang muamalah dan tertarik dengan segala bentuk promosi di pegadaian syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Populasi dari penelitian ini yaitu nasabah PT. Pegadaian Syariah tahun 2019-2023 dengan sampel 98 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pelayanan, kepercayaan, alasan syariah dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat Kabupaten Bogor untuk menggadaikan barang secara syariah.


 


Kata kunci: Pegadaian syariah, Keputusan, Masyarakat.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Duryadi. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Ilmiah (Metode Penelitian Empiris, Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS). Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Musyaffi, M, A., Khairunnisa, H., & Respati, D, K. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS. Banten: Pascal Books

Tarantang, Jefry. (2019). Regulasi dan Implementasi Pegadaian Syariah di Indonesia. Yogyakarta: K-Media.

Gayatri, I, A, M, E, M., & Damarsiwi, E, P, M. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pegadaian (Studi Kasus Upc Sawah Lebar). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9, No. 1. Januari 2021.

Kalsum, S, U., Pangestu, R, A., & Aziz, I, A. (2024). Peran Akad Kafalah Dalam Produk Pegadaian Syariah Terhadap Implementasi Penjeminan dan Mitigasi Risiko. Journal Of Islamic Economics, Vol. 3, No. 2, hlm. 1, 99

Suhaeni, S., & Purnamasari, L. (2023). Pengembangan UMKM Keripik Pangsit Sentul Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 3, Desember 2023.

Harahap, T, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Padangsidimpuan: Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Olii, N, F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Pegadaian Syariah Cabang Pegadaian Syariah (CPS) Datoe Binangkang. Manado: Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Yanti, R. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Banda Aceh: Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.