KOMUNIKASI KONSELOR DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Main Article Content

Nurodin

Abstract

Komunikasi interpersonal konselor yang ditunjukan dalam proses layanan konseling individual di MTs Kiafayatul Achyar merupakan bagian dari bentuk komunikasi. Komunikasi interpersonal konselor yang baik sudah tentu membuat klien merasa nyaman dalam melakukan layanan konseling individual. Begitupun suasana yang dibangun penuh dengan keakraban antara konselor dengan klien. Dengan adanya komunikasi interpersonal konselor yang efektif diharapkan meningkatkan hubungan emosional dalam rangka sebagai penunjang keberhasilan dalam proses layanan konseling individual di MTs Kifayatul Achyar. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui keterampilan komunikasi interpersonal konselor dan mengetahui bentuk komunikasi interpersonal konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling individual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  yaitu pendekatan mendapatkan data otentik dengan cara langsung berdialog atau wawancara dengan konselor secara langsung. Sedangkan penganalisaan data menggunakan pendekatan logika. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui proses dan bentuk komunikasi interpersonal konselor dalam layanan konseling individual.Inti keberhasilan dari keterampilan komunikasi interpersonal konselor dalam proses layanan konseling individual di Kifayatul Achyar terlihat dari proses komunikasi interpersonal konselor dalam melakukan layanan konseling individual terbilang cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kehangatan, keakraban, keterbukaan, kenyamanan serta adanya kesamapahaman diantara konselor (komunikator) dan klien (komunikan). Dengan demikian pelaksanaan konseling berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Bentuk komunikasi interpersonal konselor dalam melakukan koseling individual terlihat pada penegasan informasi pesan yang disampaikan (verbal), sikap penerimaan saat konseling individual yang ditunjukan dengan komunikasi non verbal, kemudian adanya keselarasan antara komunikasi lisan (verbal) dan bahasa tubuh (non verbal). Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal konselor terlihat pada penerimaan, yang tergambar pada gerak tubuh, ucapan lisan baik secara bahasa maupun sikap konselor yang dimunculkan. Kemudian cara berpikir serta dorongan-dorongan konselor mampu menumbuhkan semangat hidup klien yang berimplikasi pada kemudahan atas permasalahan dan semangat hidup klien

Article Details

How to Cite
Nurodin. (2019). KOMUNIKASI KONSELOR DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 2(2), 86-98. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.62
Section
Articles

References

Abu Ahmadi dan Ahmad Rohani, (1991) Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Jakarta:PT.RinekaCipta

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran. (2001). Konseling dan Psikoterapi Islam. Jogyakarta: Al-Manar.

Chaerani, Nani. (2002). Jurnal penelitian komunikasi dalam proses konseling. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Corey, Gerald. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Enjang AS. (2009). Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Gunawan, G. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 CIGUDEG BOGOR. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(01), 36-43.

Mafiare, Andi. (1996). Pengantar Konseling. Jakarta: Raja Grafindo.

Moleong, Lexy J. (1999). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Prayitno. (2009). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka cipta.

Sinaga, H. P., & Purnamasari, I. (2019). KESADARAN KEAKRABAN DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELUARGA PADA SISWA SMK AL HAFIDZ LEUWILIANG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 19-25.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Sofyan S Willis, (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung, Alfabeta

Surya , Djumhur M. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV Ilmu.