URGENSI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Teddy Khumaedi
Siti Fatimah

Abstract

Semakin majunya perkembangan zaman, khususnya bidang teknologi dan informasi menuntut dan memaksa adanya peran aktif dari masyarakat luas sebagai pengguna terbesar teknologi dan informasi, terlepas dari dampak negatif yang ditimbulkan akibat adanya internet yang bisa diakses dari berbagai tempat, peluang positifnya pun sangat terbuka bagi siapa pun. Disitulah sebabnya, new media dan sosial media (medsos) memainkan fungsi dan peranan yang sangat vital dalam merekonstruksi ulang dunia baru sekaligus mewarnai kehidupan di berbagai penjuru dunia bagi yang memanfaatkannya, bagi insan dakwah atau pun penggiat dakwah berbasis media sosial (da’i, tabligher) ini merupakan lahan yang sangat efektif untuk menyebarluaskan ajaran Islam ke seluruh masyarakat dunia melalui media sosial ini. Apalagi disaat kondisi dunia sedang mengalami destruksi wabah covid 19 yang menyebar ke seluruh dunia, sedangkan kondisi umat Islam di seluruh dunia dihadapkan kepada realita ibadah yang harus tetap dan wajib dijalani seperti puasa ramadhan dan perayaan idul fitri yang telah berlalu, begitu terasa berbeda. Karena suasana ibadah yang sejatinya dilakukan di masjid-mesjid yang biasanya menjadi sumber utama aktivitas umat islam, selama lima bulan terakhir ini sama sekali tidak boleh dilakukan bahkan tidak ada sama sekali. Tentunya hal ini mejadi tantangan berat bagi para da’i, ustadz, kyai, dan para penceramah untuk mentransformasi cara-cara dakwahnya dari metode offline menjadi online atau pun daring (live), problematika semacam ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji sekaligus diteliti lebih dalam guna menemukan solusi alternatif positif dalam berdakwah bagi para penggiat dakwah tersebut

Article Details

How to Cite
Khumaedi, T., & Fatimah, S. (2019). URGENSI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 2(2), 106-113. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.64
Section
Articles

References

Eva Rubawati. Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah, Jurnal Studi Komunikasi, vol.2 ed.1, Maret 2018

Gunawan, G. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 CIGUDEG BOGOR. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(01), 36-43.

Hadi al Asya’ri, M. Khoirul. 2014. Dakwah Transformatif Mohammad Natsir, Walisongo, volume 22, No. 2, November, 2014

Japarudin. Media Massa dan Dakwah, Jurnal Dakwah, vol. XIII, No.1, 2012

Moch. Fahruroji. Dakwah Islam dan Inovasi Media: Peluang dan Ancaman Media Global atas Dakwah Islam, Jurnal Dakwah (Komunika) STAIN Purwokerto, vol.4 No.1, 2010

Mursyidah, Dian. 2010. Membangun Komunikasi Dakwah Melalui Media Massa, Media Akademika, volume 25, No.3, Juli, 2010

Abidin, Djamalul, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, (Jakarta: Gema Insani Pres, 1996)

Effendi, Onong Uchyana Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Elvinaro, Ardianto dan Lukiati Komala, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Bandung:Rosdakarya, 2004)

Ilahi. Wahyu Komunikasi dakwah. (bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010)

Jalaludin Rakhmat. Psikologi Komunikasi , (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005),

McQuail, Dennis Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (Erlangga, 1987),

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Syattar, M., & Fatimah, S. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP IT AL-ISHLAH CIBINONG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 43-46.