PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Main Article Content

Asriani
Muh. Abrar

Abstract

Penelitian ini membantu memperluas wawasan berpikir dan memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tentang upaya peningkatan metode pembelajaran di Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan antara metode diskusi qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di kelas XI MIPA pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 4,472, koefisien regresi (b) sebesar 1,279 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif metode  diskusi qiro’ah  dalam pemebelajaran bahasa  Arab  terhadap  minat  belajar  siswa  di  kelas  XI MIPA pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor sebesar  31%  yang  ditunjukkan dari  nilai R2 =  0,310  yang menyatakan  bahwa  ada  69%  faktor  lain  yang  mempengaruhi  motivasi belajar seperti motivasi, belajar, bahan pelajaran dan sikap guru, keluarga, teman pergaulan, cita-cita, bakat, hobi, media massa, fasilitas dan lain-lain. Dari uji hipotesis yang diajukan dapat diketahui nilai t hitung = 4,742 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara variable Metode diskusi (X) terhadap variabel Minat Belajar Siswa (Y)

Article Details

How to Cite
Asriani, & Abrar, M. (2020). PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 62-75. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.70
Section
Articles

References

Al-Ghulayainiy, Mushthafa, Jami al-Durus al-Arabiyah, Juz 1, Beirut: al- Maktabah al-Ashariyyah litthiba’ah wa nasyar, 1993.

Ali, Mukti, Pembentukan Kemampuan Berbahasa Arab pada Anak Usia Prasekolah di TPQ Nur Iman Karang Jambu Purwanegara Purwokerto Utara, (STAIN Porwekerto, 2008)

Al-Quran dan Terjemahannya, Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo, 1994.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Arsyad , Azhar, Bahasa Arab dan Metode pengajarannya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Arsyad, Azhar, 2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ary, Donald, dkk., Introduction to Research in Education, terj., Arief Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Best , John W., Research In Education, terj., Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982. Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Darojat, Zakiyah, 2004, Metode Khusus Pengajaran agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Djamal, Drs. A.Nurhadi, 1985, Ilmu Jiwa Pendidikan, Semarang: IAIN Walisongo.

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2008. Djiwandono

Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan,Jakarta: PT. Grasindo,2008.

Echols, John M. dan Shadily, Hassan, Kamus Bahasa Inggris, Jakarta: PT.Gramedia, 2005.

Gulo, W., Metode Penelitian. Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Karim, Abdullah, Sejarah pemikiran dan Peradaban Islam,Yogyakarta: Pustaka Book Publiser, 2009.

Kountur, Ronny, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Penerbit PPM,2007.

Latifah, M. (2019). MANAJEMEN TAHFIDZ QUR ‘AN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Model Muraja ‘ah Di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngetuk Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2019). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 1-9.

Machmudah, Umi dan Abdul Rosyidi, Wahab, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab,Malang: UIN-Malang, 2008.

Makruf, Imam, Strategi Pembelajaran bahasa Arab, Semarang: Need’s Press, 2009.

Margono, S., Metode Penelitian Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Muhaimin, MA, 2008, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Putaka Pelajar.

Mukrimuddin. “Minat Siswa Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta IIâ€. Skripsi fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Munawari, Akhmad, Belajar Cepat Tata Bahasa Arab Program 30 Jam, Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2007.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu, Metodelogi Penelitian,Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Nasution, S., Metode Research, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Pius A Partanto dan M. Dahlan Al Barry, 2001, kamus ilmiah populer, Arkola.

Rachmat, Metode, diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/metode, pada tanggal 4 Maret 2017.

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis, Bandung: Alfabeta,2007.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2010

Rosyidi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab,Malang: UIN Malang.2009.

Siberman, Mell, 2006, Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung : Nusantara.

Siti Nur Tuasikal. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru dalam mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Minat Belajar Siswa kelas X (E,F,G) MAN Yogyakarta 1 tahun ajaran 2012/2013â€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2010.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2010.

Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, Semarang: Walisongo Press, 2010.

Surakhmad, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar metode dan Teknik , Bandung; mandarin Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur, 1987, Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Widiyatmo, Agus,, Hubungan Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Diploma III Hiperkes Dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, (Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010)

Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2007.

Yayah Komariyah. “Minat Belajar Siswa Akselesrasi Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab Di SMP Muhammadiyah II Yogyakartaâ€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Zamroni. 1997. “Persepsi Siswa Terhadap Penampilan Guru di Kelas Hubungannya Dengan Minat Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam SMU Muhammadiyah VII Yogyakartaâ€. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007