PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Fuad Ahmad Riva'i

Abstract

Perubahan adalah keniscayaan, tidak ada yang berubah kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan ini telah merambah berbagai aspek kehidupan dengan berbagai dampak positif dan negatif. Percepatan perubahan saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang salah satunya dipengaruhi oleh perubahan sosial seperti gaya hidup, cara berkomunikasi, dan perilaku masyarakat. Perubahan sosial ini tentunya memberikan pengaruh pada aspek lain, salah satunya adalah perilaku organisasi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan data berupa naskah dan tulisan dari buku-buku yang bersumber dari khazanah perpustakaan yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang terkait dengan penelitian ini. Perubahan sosial yang dimaksud di sini adalah perubahan yang terjadi, yaitu perubahan struktur dan fungsi sistem sosial, yang meliputi aspek budaya, nilai, norma, kebiasaan, tradisi, sikap dan pola perilaku dalam suatu masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi dapat diklasifikasikan menjadi dua aspek. Pertama, faktor instrumental adalah faktor yang bersifat insidental, sementara dan teknis. Kedua, faktor substansial adalah faktor yang sifatnya fundamental dan memakan waktu lama, seperti perubahan status sosial seseorang. Sementara itu, dampak perubahan sosial terhadap perilaku pendidikan memunculkan dua sisi yang berbeda, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Diantara dampak positifnya adalah terciptanya hubungan simbiosis mutualisme dimana pendidikan menjadikan manusia cerdas yang mampu melakukan perubahan sosial (agents of change), mendorong mereka untuk lebih kreatif dan inovatif dalam penemuan-penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan dampak negatifnya adalah jika pendidikan Islam tidak mampu merespon dengan baik perubahan sosial yang terjadi begitu cepat, maka pendidikan Islam akan tertinggal dan mungkin ditinggalkan.

Article Details

How to Cite
Ahmad Riva’i, F. (2021). PERUBAHAN SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM. CONS-IEDU, 1(1), 33-39. https://doi.org/10.51192/cons.v1i1.101
Section
Articles

References

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.

Nurodin, N. (2015). PERAN BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG CACAT (BRSPC) DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PENYANDANG CACAT. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 543-548.