PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TANTRUM

Main Article Content

Nuraini
Faisal Rachmat

Abstract

 Penelitian Studi Kasus ini bertujuan untuk mengetahui adanya Peran Bahasa dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Tantrum. Subjek penelitian adalah seorang Anak berusia 7 tahun 8 bulan di Perumahan Pertanian, Depok. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, analisis kasus dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Kasus. Hasil penelitian menujukkan adanya penurunan tantrum anak sebesar 80% berdasarkan Diagnosis Kasus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan analisis kasus dengan diagnosis kasus dapat signifikan menurunkan tingkat tantrum anak melalui pendekatan terapi behavioristik yakni modifikasi prilaku anak tersebut

Article Details

How to Cite
Nuraini, & Rachmat, F. (2021). PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TANTRUM. CONS-IEDU, 1(1), 41-55. https://doi.org/10.51192/cons.v1i1.102
Section
Articles