ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 LEBONG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Lebong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara dengan para informan, serta dokumentasi yang relevan untuk menggambarkan situasi nyata terkait layanan ini. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk merepresentasikan dan menjelaskan pelaksanaan layanan konseling karir di lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program materi terkait layanan konseling karir yang diusung oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) di SMK Negeri 1 Lebong. Program ini mencakup layanan informasi yang berfokus pada pemahaman diri siswa terkait pilihan jurusan yang mereka ambil. Pelaksanaan layanan konseling karir ini dilakukan dalam tiga format, yaitu secara klasikal, kelompok, dan individual. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi, seperti ketidakseimbangan rasio antara jumlah siswa dan guru, serta keterbatasan sarana yang mendukung kegiatan bimbingan karir, seperti tempat dan jadwal untuk memasuki kelas XII. Selain itu, kurangnya kemitraan dengan pihak luar sekolah menjadi tantangan tersendiri, mengingat siswa yang lulus tidak memiliki jaminan untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CONS-IEDU memberikan akses terbuka kepada siapa saja sehingga informasi dan temuan dalam artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Konten artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, mengikuti creative commons license yang digunakan.
CONS-IEUD: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Gladding Samuel T. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh, Jakarta: Indeks. Hakim,
Ihsan Nul. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian, Curup : LP2 STAIN
Ixtiarto,Bambang. 2017. Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia
Usaha dan Dunia Industri, Jurnal Bimbingan Konseling : Universal Negeri Malang, Vol. 1 No.1.
Mulyadi, Muhammad. 2011. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jurnal Studi Komunikasi dan Media vol.15 No 1.
Ningrum, Ita juwita, 2015. Program Bimbingan Karir Untuk Kematangan Karir Siswa. Jurnal Konseling: Gusjigang.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta. Sujarweni,
Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Suryana. 2010. Metodologi Penelitian, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutarto. 2011. Manajemen Konseling di Sekolah-Sekolah, Curup: LP2 STAIN Curup,2011.
Syarnubi Sukarman, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Curup : LP2.
Azizah, Faricha, Fitri Br Ginting, and Robbi Suraida Utami. “EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH,” 2017. https://www.semanticscholar.org/paper/EVALUASI-PELAKSANAAN-PROGRAM-LAYANAN-BIMBINGAN-DAN-Azizah-Ginting/a8113e7a92f75437b097bb316d71ecb43d136956.
Defriansyah, Dedi, Beni Azwar, and Hartini Hartini. “PELAKSANAAN SUPERVISI BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LAYANAN KONSELING.” MUHAFADZAH 3, no. 1 (2022): 1–8. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.567.
Hartini, -. “Academic Flow Guidance Toward Excellent Generations In 21 Century.” In PROCEEDING INTERNATIONAL SEMINAR OF MENTAL HEALTH AND TRAUMA COUNSELING. Universitas Pendidikan Indonesia: Pusat Kajian Pendidikan Kesehatan Mental dan Konseling Trauma Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia, 2018. http://repository.upi.edu/60633/.
Hartini, Hartini. “Cultural Learning of Rejang Ethnic.” JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling 2, no. 1 (April 16, 2018): 22–36. https://doi.org/10.17509/jomsign.v2i1.10832.
———. “Problem-Based Collaborative Learning Guidance in Addressing Low Achieving Students,” 472–82. Salatiga: FTIK IAIN Salatiga Jl. Lingkar Salatiga Km 2. 50716. website: iies.iainsalatiga.ac.id, 2017. http://repository.iaincurup.ac.id/492/.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.