LATIHAN BINA DIRI PADA SISWA TUNAGRAHITA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN
Main Article Content
Abstract
This study was intended to determine the process and results of self-development exercises in increasing the independence of mentally retarded students. The object of the research is mentally retarded students at SLB BC YPLAB Wartawan, Bandung City. The research method used is a qualitative descriptive method in which to obtain information the researcher uses observation, interview, and documentation techniques. The results showed that self-development exercises at SLB BC YPLAB Journalists were effective. This happened thanks to a special schedule and made it a special mandatory program for mentally retarded students, the implementation also uses various methods, so that the results can increase the independence of mentally retarded students positively
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CONS-IEDU memberikan akses terbuka kepada siapa saja sehingga informasi dan temuan dalam artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Konten artikel jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, mengikuti creative commons license yang digunakan.
CONS-IEUD: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amin, Moh. (2005). Ortopedagogik C (Pendidikan Anak Terbelakang). Jakarta: Depdikbud.
Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Faz, GO, Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Pembentukan (Shaping) untuk Membentuk Perilaku Sosial Anak dengan Ketidak-Mampuan Intelektual Ringan, Jurnal Psikologi Tabularasa, Vol. 10, No.2, Oktober 2015.
Hasbullah, Kurikulum Pendidikan Guru: Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi, Jurnal Aadara, Vol.11, No.2, Agustus 2021
Herlina, Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok, Jurnal Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 2, No. 1, Juni 2015
Jayanti, Pembelajaran Menggunakan Teknik Probing Prompting Berbantuan Edmodo Blended Learning pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang, Prociding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 05 Mei 2018.
J. Wantah Maria. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih’. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.
Kusnawan, Aep (2020), Bimbingan Konseling Islam Berbasisi Ilmu Dakwah, Bandung: Simbiosa
Nurmilah dkk, Penggunaan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Keanekaragaman Hayati, Jurnal Biotik, Vol. 2, No. 1, Ed. April 2014
Nurodin dan Kusnawan, Aep (2021), Bimbingan dan Konseling Populasi Khusus, Bandung: Refika Aditama
MH, Muhammad, Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6 , No. 1., April – September 2017
Parmawati,SP, dkk. Efektivitas Pendekatan Modifikasi Perilaku dengan Teknik Fading dan Token Economy dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Tuna Rungu Prelingual Profound, Jurnal Psibernetika, Vol. 8 No. 1 April 2015.
Puspitaningrum, Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMA, G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No. 1, Desember, 2018
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sidi, Indra Djati. (2002). Menuju Masyarakat Belajar; Menggagas Paradigma Baru Pendidik. Jakarta: Kerjasama Paramadina dengan Logos Wacana Ilmu.
Soemantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sudarsini. (2017). Fisioterapi. Malang: Gunung Samudera.
Sudrajat, Dodo dan Rosida, Lilis. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:PT. Luxima Metro Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhamijaya, S. (1998). Membina Sikap Mental Wiraswasta. Jakarta : Rineka Cipta. Suharmini, T. (1999). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Press.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Wikasanti, Esthy. (2014). Pengembangan Life Skill Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.