PENGEMBANGAN DARI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) HINGGA COGNITIVE RESTRUCTURING (CR)

Main Article Content

Nadia Widyastuti
Nurjannah

Abstract

Cognitive Restructuring adalah teknik yang dikembangkan oleh Albert Ellis, dimana tujuan utama dari terapi kognitif adalah menggantikan keyakinan yang mengarah pada perilaku menyalahkan diri sendiri dengan keyakinan yang diasosiasikan dengan penerimaan diri (self-acceptance) dan pemecahan masalah yang konstruktif. Layanan bimbingan dan konseling dengan strategi Cognitive Restructuring menghasilkan kebiasaan baru pada individu dalam merasa, berpikir dan bertindak dengan cara mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan bermasalah, memberi label pada kebiasaan tersebut dan menggantikan tanggapan/persepsi diri yang negatif/irasional menjadi rasional/realistis. teknikteknik layanan konseling terus mengalami perkembangan dalam hal pembaharuan, dan perbaikan. Pembaharuan dari teknik Rational Emotive Behavioral Therapy ke teknik Cognitive Restructuring dapat disebut sebagai pembaharuan yang bersifat deduktif sebab dari REBT yang cakupannya lebih umum (REBT) berubah menjadi CR yang cakupannya lebih spesifik (CR). Penelitian ini mencoba untuk menemukan teori atau konsep baru CR Islami dengan kelemahan-kelamahan yang ditemukan pada penelitian sebelumnya. Metode jurnal review digunakan peneliti untuk mengkaji beberapa sumber-sumber yang membahas terkait sejarah, kritik, dan konsep penyempurnaan berdasarkan nilai islam.

Article Details

How to Cite
Nadia Widyastuti, & Nurjannah. (2022). PENGEMBANGAN DARI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) HINGGA COGNITIVE RESTRUCTURING (CR) . CONS-IEDU, 2(2), 70-80. https://doi.org/10.51192/cons.v2i2.400
Section
Articles

References

Buku:

Abi Apriyadi,(2022).Cognitive Behavioural Therapy Spritualitas Islam untuk Mengatasi

Kecemasan Sosial Remaja

Debi Vianda. (2018). Peran Agama dalam Bimbingan dan Konseling, Jurnal IAIN Syaikh Jamil Jambek Bukittinggi.

Erford, B. T. (2016). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor,. In B. T. Erford, 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Terjemah Oleh Helly P. Soetjipto &Sri Mulyantini Soetjipto, (P. 255). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kawakib, H. N. (2016). Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi,Vol. 3 No 2, , 78.

Lailul Ilham Dan Ach. Farid(2019).Teori Klasik Dan Kontemporer: Dari Rational Emotive Behavioral Therapy (Rebt) Hingga Cognitive Restructuring (CR)

Muhammad Rouf Mustofa, N. (2022). Cognitive Behavioral Theraphy. CONS-IEDU: Journal Of Islamic Guidance And Counseling, 20.

Ningsih, D. F. (2018). Teknik Konseling Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Acceptance. (Skripsi,Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya,, 34.

Sutoyo, A. (2013). Bimbingan Dan Konseling Islami (Teori Dan Praktik). In A. Sutoyo, Bimbingan Dan Konseling Islami (Teori Dan Praktik) (Pp. 81-82). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal:

Nafisah, M. N. (2019). Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky Dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri Di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Skripsi,Fakultas Dakwah Dan Komuniksi Univerasitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya, 136.

Nur Hikmah Mubarak Ali, N. E. (2016). Menggunakan Pendekatan Kognitif Tingkah Laku Islam (ICBT) Untuk Menangani Prasangka Antara Pasangan Suami Isteri. . Malaysian Journal Of Social Sciences And Humanities (MJSSH), Volume 1, No 3, , 120-122.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Nurodin, N. (2015). PERAN BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG CACAT (BRSPC) DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PENYANDANG CACAT. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 543-548.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Nurjannah, R. D. (2016). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitf Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di Mts N 2 Bandar Lampung. Bimbingan, 288.

Sari, L. K. (2018). Analisa Kemampuan Mengontrol Marah Ditinjau Dari. STRADA ,Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 7, No 2, 7-8.

Sitepu, F. (2019). Cognitive Restructuring Untuk Menangani Pola Pikir Negatif Seorang Santriwati Di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Skripsi,Fakultas Dakwah Dan Komuniksi Univerasitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya, 55.