INTERVENSI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Main Article Content

Nasrul
Nurus Sa’adah

Abstract

Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat ternyata sebagian mahasiswa tidak memanfaatkan teknologi itu dengan bijaksana. Hanya dimanfaatkan sebagai media untuk bermian game online, yang pada akhirnya berdampak pada motivasi belajar dan prestasi akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan intervensi yang tepat dalam meredusi dampak game online terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Riset penelitian yang digunakan adalah literatur review atau tinjauan piustaka dari 10 artikel jurnal nasional yang terdaftar di google scholar dan di Science and Technology Index. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan negatif dari kecenderungan bermaian game online. Dan intervensi mereduksi dampak game online dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu mengurangi pergaulan dengan orang-orang yang gemar bermain game online (social environment), manejemen waktu dengan baik (Time management), evaluasi perkembangan kemampuan akademik (Control of learning), adanya dukungan dan pengawasan orang tua pada aktivitas anak (Social control) sebagai upaya meningkatkan kembali daya motivasi belajar. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunakan sepuluh artikel jurnal dan berfokus pada mahasiwa yang cenderung bermain game online. Akan lebih baik lagi jika penulis menambah lebih banyak artikel yang dikaji lebih dalam untuk menambah wawasan dan isi pada artikel.


 

Article Details

How to Cite
Nasrul, & Nurus Sa’adah. (2022). INTERVENSI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. CONS-IEDU, 2(2), 81-89. https://doi.org/10.51192/cons.v2i2.408
Section
Articles

References

Jurnal Ilmiah:

Adiningtiyas, Sri Wahyuni, (2017). "Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online." KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program 4.1.

Ahmad, Jumal. (2018). "Desain penelitian analisis isi (Content analysis)." Research Gate 5.9: 1-20.

Budhi, Ferry Hernoyo, and Endang Sri Indrawati, (2016). "Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game center X Semarang." Jurnal empati 5.3: 478-481.

Evanne, Lovia, Adli Adli, dan Ngalimun Ngalimun, (2021). "Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan." Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen 8.1: 55-62.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitri, Emria, Lira Erwinda, and Ifdil Ifdil, (2018). "Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling." Jurnal Konseling dan Pendidikan 6.3: 211-219.

Kurniawan, Drajat Edy, (2017). "Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta." Jurnal Konseling Gusjigang 3.1.

Irwandi, Diki, Ruhban Masykur, dan Suherman Suherman (2021). "Korelasi Kecanduan Mobile Legends Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa." Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 2.3: 292-299.

Lerianza, Bio, et al, (2020)."Intensitas Bermain Game Online dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran." Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 9.1: 95-102.

Manurung, Tarida Marlin Surya, (2017). "Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa." JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) 1.1: 17-26.

Mauboy, Intan Grace; Siagian, Ernawati, (2022). “Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatanâ€. Jurnal Sosial Sains, 2.3: 457-464.

Novrialdy, Eryzal, and Rozi Atyarizal, (2019). "Online game addiction in adolescent: What should school counselor do? " Jurnal Konseling dan Pendidikan 7.3: 97-103.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Nurodin, N. (2015). PERAN BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG CACAT (BRSPC) DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PENYANDANG CACAT. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 543-548.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Ondang, Gilbert Luis, Benedicta J. Mokalu, dan Shirley YVI Goni, (2020). "Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol Unsrat." Holistik, Jurnal Sosial dan Budaya.

Rani, Devita, Effiati Juliana Hasibuan, and Rehia K. Isabela Barus, (2018). "Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa." Perspektif 7.1: 6-12.

Salim, Agung, (2016). “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassarâ€. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Syahran, Ridwan, (2015). "Ketergantungan online game dan penanganannya." Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling 1.1.