DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

Authors

  • Yogi Wirareja UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurus Sa'adah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Pola asuh orang tua, anak, menghafal Al-Qur’an

Abstract

Sudah banyak dilakukan kajian tentang dampak pola asuh orang tua terhadap kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur'an. Namun, sampai saat ini belum ada kesimpulan yang jelas dari penelitian-penelitian tersebut. Oleh karena itu, dilakukan studi literatur yang menggabungkan informasi dari berbagai sumber seperti jurnal, dokumen, media cetak dan elektronik, serta buku-buku terkait pengajaran dan sosial masyarakat, sosiologi, dan antropologi untuk memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai dampak pola asuh orang tua terhadap kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur'an.  Pola asuh yang diterapkan orang tua memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur’an. Kesimpulan dari studi literatur ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis yang memberikan dukungan, kebebasan, dan penghargaan pada anak dapat memberikan dampak positif dalam menghafal Al-Qur’an. Sebaliknya, pola asuh otoriter yang memberikan tekanan dan kekerasan dapat memberikan dampak negatif pada anak dalam menghafal Al-Qur’an. Pola asuh permisif yang kurang menetapkan aturan dan kendali pada waktu belajar dapat menurunkan motivasi dan kualitas pembelajaran anak. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan pola asuh yang diterapkan pada anak agar dapat membantu anak dalam menghafal Al-Qur’an dengan lebih baik.

References

Daftar Puataka

Buku:

Abidin, A. Z. (2015). Kilat dan Mudah Hafal Juz 'Amma. Yogyakarta: Sabit.

Az-Zawawi, Y. A. (2010). Revolusi Menghafal Al Qur'an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup. Surakarta: Insan Kamil.

Dina Y. Sulaeman. (2008). Mukjizat Abad 20, Doktor Cilik Hafal dan Paham Al-Qur’an: Wonderful Profile of Husein Tabataba’I. Bandung: Pustaka IIMaN, Cet. Xv.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia

Musbikin, I. (2014). Mutiara Al Qur'an. Yogyakarta: Jaya Star Nine.

Syihab, M. (2002). Tafsir Al Misbah. Jakarata: Lentera Hati.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiwi Alawiyah Wahid. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: DIVA Press, Cet. VII.

Yusuf. (2002). 3 Tahun Hafal Al Qur'an. Yogyakarta: Sabil.

Jurnal

Mahmudy, A., & Bakhruddin, M. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–17.

Yusron Masduki. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te, 18(1), 21.

Ira Agustiana. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas V Di SD Islam Karya Mukti Tahun Pelajaran 2020/202. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 5(6), 416-430.

N.Sausan Muhammad Sholeh, Hendi Suhendi. (2021). Pola Asuh Orang Tua Membentuk Anak Cinta Al-Quran melalui Hafalan Al-Quran Sejak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 53-58.

Amirul Mahmudy dan M. Bakhruddin. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-17.

Arjoni. (2017). Pola Asuh Demokratis Sebagai Solusi Alternatif Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak. Humanisma: Journal of Gender Studies, Vol. 1, No. 1, Januari- Juni, 1-12.

Fitriyani, L. (2015) ‘Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak’. Lentera, XVIII(1), 93–110.

Published

2023-12-30

How to Cite

Yogi Wirareja, & Sa’adah, N. (2023). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN. CONS-IEDU, 3(2), 1-8. Retrieved from https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/article/view/576

Issue

Section

Articles