BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA

Authors

  • Marlina Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan, siswa

Abstract

Perilaku disiplin peserta didik apabila dibiarkan akan membawa dampak yang kurang menguntungkan terhadap prestasi belajar maupun sikap mental para peserta didik, ketidakdisiplinan akan mengganggu pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap kurang berkembangnya prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, agar proses belajar mengajar berjalan lancar salah satu upaya yaitu, dengan meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Mandala Leuwiliang, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 30 pernyataan. Dan analisis data yang digunakan berupa uji validitas dan reliabilitas. Skor yang didapat dari pengisian pre-test kedisiplinan pada siswa menunjukan nilai yang masih rendah. Sedangkan pada saat post-test siswa yang mendapatkan skor pada kategori tinggi sebanyak 100% serta tidak seorang pun siswa yang mendapatkan skor pada kategori rendah. Hasil skor pre-test dan post-test yang dilaksanakan oleh peneliti menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa.

References

Namora Lumongga Lubis Hasnida. (2016). “Konseling Kelompok”, Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nurodin, Aep Kusnawan. (2021) “Bimbingan dan Konseling Populasi Khusus”, Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. (2015). “Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling”, Jakarta: Rineka Cipta

Saliyo, Farida. (2019). “Bimbingan dan Konseling Teknik Layanan Berwawasan Islam dan Multikultural”, Malang: Madani Media.

Sugiyono, (2018). “Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D)”, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2020) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D)”, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2013). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Rhineka Cipta.

Tarmizi, (2019). “Bimbingan Konseling Islami”, Medan: Perdana Publishing.

V. Wirtman Sujarweni, (2019). “Metodologi Penelitian”, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Akbar, R., Weriana, W., A. Siroj, R., & Afgani, M, (2023). “Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan”. Vol.9, No.2.

A.N. Azhar, A. Kusnawan, S. Miharja. (2027). “Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa”, Vol.4, No.3.

Azhar, Fitriani., E., Nurasyah. (2020). “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK”, Vol.5, No.2

Eka Sari Setianingsih, Anwar Sutoyo, Edi Purwanto. (2014). “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa”, Vol.3, No.2.

Published

2023-12-30

How to Cite

Marlina. (2023). BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA. CONS-IEDU, 3(2), 9-16. Retrieved from https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/article/view/741

Issue

Section

Articles