EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN KARIR MENGHADAPI DUNIA PERKULIAHAN PADA SISWA

Authors

  • Nur Annisa Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor

Keywords:

Kecemasan, Rational Emotive Behavior Therapy , Siswa

Abstract

Beberapa anak muda merasa bingung dan khawatir untuk melanjutkan perjalanan pengembangan diri dan memilih pekerjaan karena ketatnya persaingan. Remaja akhir ini khawatir akan membuat penilaian buruk atau meragukan diri sendiri. Orang yang mengalami kecemasan seringkali mengalami depresi sehingga membuat mereka takut dan cenderung pesimis terhadap masa depan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan rational emotive behavior therapy dalam mereduksi kecemasan karir siswa akan menghadapi dunia perkuliahan kelas XI MA Ummul Quro Al-Islami Bogor. Sampel yang diambil yaitu 2 orang yang memiliki kecemasan. Metodologi riset ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian Single case eksperimen design dengan prosedur A-B-A dan Penarikan datanya menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal. Hasil dari riset ini sebelum diberikannya treatment menunjukkan skor An.LGM yaitu 123 dan skor An.AN yaitu 124 , Skor tersebut masuk kedalam kategori sangat tinggi. Dan setelah diberikan treatment maka skor yang dihasilkan dari siswa An.LGM yaitu 56 dan skor dari siswa An.AN yaitu 50 . Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh dan efektif dalam mereduksi kecemasan karir menghadapi dunia perkuliahan siswa kelas XI MA Ummul Quro Al-Islami Bogor.

References

Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta:PT.Indeks.215

Nurodin, & A. K. (2021). Bimbingan dan Konseling Populasi Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.

Gerald Corey, Terapi dan Praktek Konseling Psikoterapi .(Bandung:Refika Aditama), 2007, hlm.238s

P. A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Abdul Hayat. "Kecemasan dan metode pengendaliannya." Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 12.1 (2017). Hlm. 53

Arifiati, R. F. (2019). Peningkatan Sense Of Humor Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Lansia. Jurnal Of Islamic Psychology, 1, 150.

Terapi dan Praktek Konseling Psikoterapii. (2007). Bandung: Refika Aditama.

A. H. (2017). Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Studi Islam dan Humaniora , 53.

A. S. (2019). Teknik Relaksasi Untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 5, 72.

Siti Muri’ah, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Literasi Nusantara), hlm.2.

Published

2023-12-30

How to Cite

Nur Annisa. (2023). EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN KARIR MENGHADAPI DUNIA PERKULIAHAN PADA SISWA . CONS-IEDU, 3(2), 17-24. Retrieved from https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/article/view/742

Issue

Section

Articles