EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL

Authors

  • Amelia solihat Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor
  • Nurodin Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Faisal Rahmat Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Keywords:

Efektivitas, Pendekatan Realita, Kekerasan Verbal , Bullying

Abstract

Rendahnya pengetahuan tentang bullying verbal menjadi salah satu penyebab siswa melakukan  bullying. Bullying kebanyakan dianggap sebagai hal lumrah dan biasa di lingkungan sekitar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan pendekatan dalam mereduksi perilaku bullying verbal dengan pendekatan realitas. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-test. Dilaksanakan di SMA Unggulan Mafazah pada bulan Maret-Juni 2023, fokus pada 6 siswa kelas XI dengan perilaku bullying verbal tinggi dan sedang. Konseling Kelompok Pendekatan Realita dilakukan dalam 6 sesi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah melakukan pre-test menunjukkan kecenderungan tinggi perilaku bullying verbal pada keenam konseli. Setelah intervensi, post-test menunjukkan penurunan skor, menandakan efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Realita dalam mereduksi perilaku tersebut. Grafik skor pre-test dan post-test dari keenam siswa menunjukkan perubahan signifikan, mengindikasikan perbaikan perilaku. Kesimpulannya, Konseling Kelompok Pendekatan Realita berperan efektif dalam mereduksi perilaku bullying verbal siswa.

References

Barbara Coloroso. (2005). The Bully, the Bullied and the Bystander. Piccadilly.

Bruce Shertzer, S. C. S. (1980). Fundamentals of Counseling. Houghton Mifflin.

Gerald Corey. (1988). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Eresco.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2004). Invited Address. Counseling: Yesterday and Today.

H. Prayitno, E. A. (2015). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Rineka cipta

Rigby, K. (2008). Children and bullying: How parents and educators can reduce bullying at school. Blackwell Publishing.

Robert E. Wubbolding. (2013). Reality Therapy For the 21st Century. Taylor & Francis Group.

Syamsul Yusof. (2016). Konseling Individual konsep dasar dan pendekatan. PT. Refika.

Barbara Coloroso. (2005). The Bully, the Bullied and the Bystander. Piccadilly.

Bruce Shertzer, S. C. S. (1980). Fundamentals of Counseling. Houghton Mifflin.

Gerald Corey. (1988). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Eresco.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2004). Invited Address. Counseling: Yesterday and Today.

H. Prayitno, E. A. (2015). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Rineka cipta

Rigby, K. (2008). Children and bullying: How parents and educators can reduce bullying at school. Blackwell Publishing.

Robert E. Wubbolding. (2013). Reality Therapy For the 21st Century. Taylor & Francis Group.

Syamsul Yusof. (2016). Konseling Individual konsep dasar dan pendekatan. PT. Refika.

Mardhiyyah, R. W., & Indriani, F. (2018). Pendekatan Konseling Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Pada Siswa Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(4), 159. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i4.485

McLeod, S. & Crowe, K. (2018). Children’s consonant acquisition in 27 languages: A cross-linguistic review. American Journal of Speech-Language Pathology, 27, 1546–1571. https://doi.org/https://doi.org/10.1044/2018_AJSLP-17-0100

Mochamad Nursalim. (2014). Strategi dan intervensi konseling / Mochamad Nursalim. PT Indeks.

Mulkiyah, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800

Newman, R. S., & Murray, B. J. (2005). How Students and Teachers View the Seriousness of Peer Harassment: When Is It Appropriate to Seek Help? Journal of Educational Psychology. Journal of Educational Psychology, 97(3), 47–365.

Published

2023-12-30

How to Cite

Amelia solihat, Nurodin, & Faisal Rahmat. (2023). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL . CONS-IEDU, 3(2), 25-41. Retrieved from https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/article/view/743

Issue

Section

Articles