PERAN KONSELING AKADEMIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

Main Article Content

Syamsiah
Niam Rohmatullah
Nuraini

Abstract

Kesulitan belajar tidak serta merta disebabkan oleh faktor intelegensi yang rendah (penyakit jiwa), tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor selain intelegensi. Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar memiliki fungsi mental dan fisik yang tidak teratur yang dapat mengganggu aliran belajar yang normal dan dapat menyebabkan keterlambatan dalam keterampilan motorik atau bahasa tertentu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan suatu cara yang memungkinkan untuk mengetahui keadaan atau kondisi yang terjadi saat ini. Peneliti menggunakanan penelitian ini, karena dimana peneliti bermaksud menjelaskan masalah kesulitan belajar apa saja yang dihadapi siswa dalam belajar di SDN Cibatok 02 dan apa saja langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan belajar di SDN Cibatok 02 serta bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi masalah belajar di SDN Cibatok 02. Hasil studi lapangan. 1. Kondisi belajar yang sulit di SDN Cibatok 02 2. Langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar di SDN Cibaook 02 A. Identifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar B. Penyediaan layanan konsultasi C. Evaluasi dan Pemantauan 3. Peran Bimbingan Akademik dalam Mengatasi Ketidakmampuan Belajar di SDN Cibatok 02.

Article Details

How to Cite
Syamsiah, Niam Rohmatullah, & Nuraini. (2023). PERAN KONSELING AKADEMIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA. CONS-IEDU, 3(2), 42-55. Retrieved from https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/cons-iedu/article/view/744
Section
Articles