IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI SMPN 59 KOTA BANDUNG

Authors

  • Pramesti Salma Ihsandina Suherlan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.577

Keywords:

Conflict management, prevention, overcoming, violence

Abstract

According to the Ministry of Women’s Empowerment and Child Protection in Indonesia there were 6.139 cases of violence that occured in the home, school, and community environment. The purpose of this study was to determine the implementation of conflit management in efforts to prevent and control acts of violence within the education unit. The subject of this study is counseling teacher at SMPN 59 Bandung City. This reasearch method used a qualitative field study approach by collecting data through interviews, observation, and documentation. The result of this study showed that violence occured only in the form of verbal abuse caused by jokes. Prevention efforts are carried out by participating in training, the declaration of Roots Day, and forming a agent of changes’ team in each class. The coping procedure goes through several stages, namely subject teacher, homeroom teachers, guidance and counseling teachers, and staff students. Therefore, SMPN 59 is able to implement conflict management in an effort to prevent and deal with acts of violence within the education sector

References

Adawiah, R. A. (2015). Upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Jurnal Keamanan Nasional, 1(2), 279-296.

Amanda, G., & Soraya, D. A. (2023, Februari 27). Kasus Kekerasan di Kota Bandung Tertinggi Ketiga di Jawa Barat. Retrieved from Republika: https://news.republika.co.id/berita/rqqsgg423/kasus-kekerasan-di-kota-bandung-tertinggi-ketiga-di-jawa-barat. (20 Juni 2023)

Anis, M. (2018). Pembinaan Anak Tanpa Kekerasan Menurut Undang-undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus di Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar). Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 5(1), 131-140.

Ashraf, F. F. (2021). Peran Global Maritime Distress And Safety System (GMDSS) Dalam Upaya Penanggulangan Keadaan Marabahaya dan Tindakan Penyelamatan Jiwa Dilaut Oleh Kn. SAR Sadewa 231 Pada Badan Sar Nasional (Basarnas) Semarang. UNIMAR - AMNI, 1-14.

Bogdan, T. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Effendy, M. (2019). Pedoman pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Irwandi, & Endah. (2017). Manajemen konflik pada remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua dan Remaja Panti di Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISPO). Vol 7(2), 25-35.

kemendikbud, P. w. (2023, Februari 24). Program Roots Lahirkan Ribuan Siswa Agen Perubahan untuk Atasi Perundungan. Retrieved from Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi: https://kemdikbud.go.id/main/blog/2023/02/program-roots-lahirkan-ribuan-siswa-agen-perubahan-untuk-atasi-perundungan

Kholifatullah, U. N., Sunu, I. G., & Windari, R. A. (2013). Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Wilayah Hukum Kabupaten Buleleng. Artikel Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-16.

KurniawatI, E. (2011). Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Upaya Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Kriminologis) . Jurnal Hukum Jatiswara 26, No. 3, 75-97.

Kusworo. (2019). Manajemen Konflik dan perubahan dalam organisasi. Bandung: Alqaprint.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Permendikbud No. 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan satuan pendidikan

Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Cet. XXI). Bandung: Jl. Ibu Inggit Garnasih No. 40.

Sosial, D. R.-D. (Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga: Pencegahan Kekerasan, Penelantaran, dan Eksploitasi terhadap Anak). 2019. Jakarta: Kementerian Sosial.

Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.

Suradji, G., & Martono, E. (Ilmu dan Seni Kepemimpinan). 2013. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Tuwu, D. (2018). Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Kendari: Literacy Institute.

Waliah, F. M. (2021). Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan Pada Upt Satuan Pendidikan SMPN 1 Bontomarannu. Article Thesis Universitas Negeri Makassar., 1-12.

Wirawan. (2010). Konflik dan manajemen; teori, aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Yaqinah, S. N. (2019). Resolusi Konflik Sosial Melalui Pendekatan Komunikasi Di Lingkungan Monjok dan Karang Taliwang Kota Mataram. Jurnal Mediakita Vol 3 (1), 1-12.

Published

2023-08-31

How to Cite

Suherlan, P. S. I., & Hidayat, W. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI SMPN 59 KOTA BANDUNG. TADBIRUNA, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.577

Issue

Section

Articles