IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN DI SMPN 59 KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.577Kata Kunci:
Manajemen konfik, Pencegahan, Penanggulangan, KekerasanAbstrak
Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) tercatat ada 6.139 jumlah kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen konflik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling di SMPN 59 Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi lapangan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kekerasan terjadi hanya berbentuk kekerasan verbal yang disebabkan oleh candaan. Upaya pencegahan dilakukan dengan mengikuti pelatihan, deklarasi Roots Day dan membentuk tim agen perubahan di setiap kelas. Prosedur penanggulangan melalui beberapa tahap yaitu guru mata pelajaran, wali kelas, guru bimbingan konseling, dan kesiswaan. Dengan demikian, SMPN 59 mampu mengimplementasikan manajemen konflik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan
Referensi
Adawiah, R. A. (2015). Upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Jurnal Keamanan Nasional, 1(2), 279-296.
Amanda, G., & Soraya, D. A. (2023, Februari 27). Kasus Kekerasan di Kota Bandung Tertinggi Ketiga di Jawa Barat. Retrieved from Republika: https://news.republika.co.id/berita/rqqsgg423/kasus-kekerasan-di-kota-bandung-tertinggi-ketiga-di-jawa-barat. (20 Juni 2023)
Anis, M. (2018). Pembinaan Anak Tanpa Kekerasan Menurut Undang-undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus di Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar). Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 5(1), 131-140.
Ashraf, F. F. (2021). Peran Global Maritime Distress And Safety System (GMDSS) Dalam Upaya Penanggulangan Keadaan Marabahaya dan Tindakan Penyelamatan Jiwa Dilaut Oleh Kn. SAR Sadewa 231 Pada Badan Sar Nasional (Basarnas) Semarang. UNIMAR - AMNI, 1-14.
Bogdan, T. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Effendy, M. (2019). Pedoman pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Irwandi, & Endah. (2017). Manajemen konflik pada remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua dan Remaja Panti di Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISPO). Vol 7(2), 25-35.
kemendikbud, P. w. (2023, Februari 24). Program Roots Lahirkan Ribuan Siswa Agen Perubahan untuk Atasi Perundungan. Retrieved from Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi: https://kemdikbud.go.id/main/blog/2023/02/program-roots-lahirkan-ribuan-siswa-agen-perubahan-untuk-atasi-perundungan
Kholifatullah, U. N., Sunu, I. G., & Windari, R. A. (2013). Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Wilayah Hukum Kabupaten Buleleng. Artikel Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-16.
KurniawatI, E. (2011). Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Upaya Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Kriminologis) . Jurnal Hukum Jatiswara 26, No. 3, 75-97.
Kusworo. (2019). Manajemen Konflik dan perubahan dalam organisasi. Bandung: Alqaprint.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Permendikbud No. 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan satuan pendidikan
Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Cet. XXI). Bandung: Jl. Ibu Inggit Garnasih No. 40.
Sosial, D. R.-D. (Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga: Pencegahan Kekerasan, Penelantaran, dan Eksploitasi terhadap Anak). 2019. Jakarta: Kementerian Sosial.
Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.
Suradji, G., & Martono, E. (Ilmu dan Seni Kepemimpinan). 2013. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Tuwu, D. (2018). Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Kendari: Literacy Institute.
Waliah, F. M. (2021). Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan Pada Upt Satuan Pendidikan SMPN 1 Bontomarannu. Article Thesis Universitas Negeri Makassar., 1-12.
Wirawan. (2010). Konflik dan manajemen; teori, aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.
Yaqinah, S. N. (2019). Resolusi Konflik Sosial Melalui Pendekatan Komunikasi Di Lingkungan Monjok dan Karang Taliwang Kota Mataram. Jurnal Mediakita Vol 3 (1), 1-12.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index