TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI MANAJEMEN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunya tujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana meningkatkan kepercayaan dan reputasi lembaga pendidikan, bagaimana peningkatan efisiensi dan efektivitas manajemen pendidikan, dan bagaimana cara membangun komunikasi efektif untuk mempertahankan citra positif . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Studi literatur diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar, dan publikasi lain yang terkait dengan topik penelitian baik offline maupun online. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model kualitatif interaktif. Model analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah yang diambil untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi lembaga pendidikan diantanya transparansi dan akuntabilitas, kualitas pendidikan yang unggul, partisipasi dan keterlibatan pemangku kepentingan, komunikasi efektif, fokus pada etika dan nilai, penghargaan dan pengakuan dan melibatkan alumni. Langkah untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas manajemen pendidikan dengan cara perencanaan yang matang, evaluasi dan pemantauan berkala, peningkatan tata kelola, penggunaan teknologi, pengembangan sdm, kolaborasi dengan pihak eksternal, mengutamakan prioritas pendidikan dan pengelolaan keuangan yang bijaksana. Dan langkah dalam membangun komunikasi efektif untuk mempertahankan citra positif dengan melakukan klarifikasi identitas dan nilai lembaga pendidikan, komunikasi terbuka dan transparan, respon cepat dan tanggap, komunikasi positif tentang prestasi dan keberhasilan, melibatkan pemangku kepentingan dalam perencanaan dan evaluasi dan tetap terbuka terhadap umpan balik
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
References
Amruddin, Amruddin, Arbainsyah Arbainsyah, Sri Handayani, and Sofyan Sauri. 2022. “Patologi Birokrasi Pendidikan.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16(3):1036. doi: 10.35931/aq.v16i3.989.
Anggraini, Citra, and Nani Imaniyati. 2018. “Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa.” JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN 3(2).
Anggraini, Fatik Lutviana, Fattah Hanurawan, and Syamsul Hadi. 2018. “Partisipasi Komite Sekolah pada Kegiatan Ekstrakurikuler.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(5):544-551.
Anon. 2018. “Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Raudlatul Iman Ganding Sumenep).” Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan 2(2):282–302.
Aslamiyah, Nurul, Aris Supriyanto, Nasrudin Harahap, and Nurul Hidayati Murtafiah. 2022. “Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal.” Attractive: Innovative Education Journal, 4(3):154-165.
Bisri, Abdul Mukti. 2020. “Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):51–64. doi: 10.31538/munaddhomah.v1i1.31.
Budiman, Sri, and Suparjo Suparjo. 2021. “Manajemen Strategik Pendidikan Islam.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(3). doi: 10.36312/jisip.v5i3.2197