PENGARUH KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWI KELAS IX DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.121Keywords:
Competence, Teacher, Ability, ArabicAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah masih banyak siswi yang merasa kesulitan dalam kemampuan berbicara bahasa Arab terutama siswi kelas IX yang seharusnya sudah menguasai bahasa Arab dengan matang. Guru yang berhasil adalah guru yang memiliki kompetensi dalam menumbuhkan semangat serta motivasi belajar siswanya, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru bahasa Arab di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor (2) mengetahui bagaimana kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor (3) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswi kelas IX MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket. Keabsahan data diperoleh melalui validitas, reliabilitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) tingkat kompetensi guru bahasa Arab di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor sesuai distribusi data yang diperoleh berada pada tingkat yang tinggi dengan besar persentase kompetensi guru sebesar 30%. Tingkat kemampuan bahasa Arab siswi kelas IX di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor sesuai dengan data korelasi koefisien determinasi yang diperoleh adalah 84,1% yang berarti memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dengan hasil belajar yang diperoleh. 3) ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor secara parsial yaitu Thitung 12,309 > Ttabel 2,080 dengan R Square sebesar 0,878. Dapat disimpulkan bahwasannya pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan bahasa Arab siswi sebesar 87,8% sedang sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Aksara
Djamarah, S. B. 2018. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fuad Ahmad Rifa'i, M. N. 2018. Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Sunan Kalijaga Dalam Tembang Lir-Ilir. Al Mubin, 45.
Gunawan, R. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dalam SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Maisyah, M. Y. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2018. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 tahun 2008 tentang guru
Sayuti, Z. Z. 2006. Ilmu Pendidikan: Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, O. S. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
wahab. 2011. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama.
Wekke, I. S. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Yogyakarta: deepublish.
Winarsuna, T. 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Pres.
Nisa, R. V. 2017. Peran Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional. No. 02. Vol. 19. Jurnal An Nabigoh, 227.
Raswan. 2017. Tamyiz, Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran. Lisanul Arab, 24.
Rohman, F. 2014. StrateginPengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat, 67.
Sakti, I. 2011. Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. No. 1. Vol. IX. Jurnal Exacta, 69.
Sulastri. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video Pada Keterampilan Berbicara Bagi Siswa kelas VIII MTs. No. 05. Vol. 1, 22.
Wijaya, M. 2016. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Lughotuna arabiyah IAI Nurul Jadid, 2-5.
Zein, M. 2016. Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Volume V, Nomor 2, Juli-Desember, 279.
https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm (31 Oktober 2020)
https://tafsirweb.com/12853-quran-surat-at-tin-ayat-4.html
https://www.materi.carageo.com/pengertian-kompetensi-menurut-para-ahli/
(di akses oleh Mughnifar Ilham pada 02 Oktober 2020)
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index