PENERAPAN MODEL TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDS SOEKARNO HATTA
Main Article Content
Abstract
This research was motivated by the lack of active learning of students in Islamic Religious Education subjects especially on Asmaul Husna material and the teacher has not found a learning method or model that is appropriate to the Asmaul Husna material in increasing students' learning activeness. The formulation of this problem is: Can the application of the STAD type cooperative learning model increase learning activity in Islamic Religion subjects for Class VI students? The subjects in this research were 20 class VI students. Meanwhile, the aim of this research is the application of the STAD type cooperative learning model to increase student learning activity in Islamic Religion subjects for Class VI students. The STAD type cooperative learning model is a learning model carried out by actively implementing students in learning through observing, asking questions, discussing and presenting the results of the discussion. The author uses this learning model in Islamic Religious Education subjects
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
References
Abdullah, Usep Mudani Karim, and Abdul Azis, ‘Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah KebudayaanIslam’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.1 (2019), 51.
Aulia, Erlinda Risa Nur, and Dinie Anggraeni Dewi Dewi, ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD Sebagai Bentuk Implementasi Pkn’, Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2.1 (2021), 43–53.
Aziz, Baqi Rafika, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Melalui Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang’, 2020.
Dwi Puspitasari, Yunia, and Wisda Miftakhul Ulum, ‘Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah’, Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6.2 (2020), 304–13.
Efendy, Rustan, and Irmwaddah Irmwaddah, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa’, Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2022), 28–33.
Guru, Strategi, Dalam Pembentukan, Karakter Peduli, Lingkungan Bagi, Siswa M Sapriadi, andDan Siti Hajaroh, ‘Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa’, JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 15.1 (2019), 55–65.
Herlina, Leni, ‘Guru Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Lingkungan Hidup: Telaah Perannya Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik’, Idrak: Journal of Islamic Education, 3.1 (2020), 275–86.
Imamah, Yuli Habibatul, Etika Pujianti, and Dede Apriansyah, ‘Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021).
In’Ratnasari, Khurin, Yovita Dyah Permatasari, and Mar’atus Sholihah, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat’, FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11.2 (2020), 153–61.
Jannah, Miftahul, ‘Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4.1 (2019), 77–102.
Karakter, Pembentukan, Siswa Melalui Kegiatan, Di Sekolah, Peran Guru, Didit Nantara, Sekolah Menengah, and others, ‘Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Di Sekolah Dan Peran Guru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.1 (2022), 2251–60.
Lisnawati, Lisnawati, ‘Urgensi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal AL-Muta`aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1.1 (2021), 37–48.
Mbagho, Fitria Irawarni, Stit Al -Urwatul, Wutsqo Jombang, Ahsanatul Khulailiyah, Prodi Pai, Stit Al-Urwatul, and others, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang’, Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1.2 (2021), 116–30.
Nurâ€TMasiah, Nurâ€TMasiah, Slamet Sholeh, and Mimin Maryati, ‘Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6.2 (2021), 212–17. Nurazizah, Afifah, Ajat Rukajat, and Khalid Ramdhani, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Milenial’, PeTeKa, 5.3 (2022), 361–72.
Pancasila, Pendidikan, Upaya Membentuk, Karakter Religius, and Heru Nurgiansah, ‘Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 7310–16.
Pembentukan, Strategi, Karakter Siswa, Pada Jenjang, Pendidikan Dasar, Melalui Mata, Pelajaran Pendidikan, and others, ‘Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan’, Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3.1 (2021), 78–93.
Rifa’, Ahmad, Asn Kemenag, Jakarta Pusat, and Ifham Choli, ‘Relevansi Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Digital 4.0’, El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4.01 (2020), 59–76
Sahabsari, Annisa, and I Made Suwanda, ‘Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 16 SurabayA’, Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10.1 (2022), 196–210.
Sapitri, Amelia, Amirudin, and Mimin Maryati, ‘PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER’, Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5.1 (2022), 252–66. ‘Search | Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami’. Shinta, Mutiara, and Siti Quratul Ain, ‘Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2021), 4045–52.
‘Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran |FONDATIA’.Tarakan, Universitas Borneo, ‘No Title’, 2021, 60–69
Wahyuni, Ida Windi, and Ary Antony Putra, ‘Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah, 5.1 (2020), 30–37