Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung

Penulis

  • Ahmad Masrukin Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Nila Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1001

Kata Kunci:

Ibnu Maskawaih, Pendidikan Moral, Relevansi, Dampak

Abstrak

Ibnu Maskawaih merupakan intelektual dibidang filsafat akhlak, teori etika Ibnu Maskawaih bersumber pada filsafat Yunani, peradaban Persia, ajaran syariat islam.Pengaruh Plato dan Aristoteles sangat jelas  dalam teori etika Maskawaih. Pemikiran filsafat akhlak Ibnu Maskawaih tidak merintangi bahkan mungkin mampu memberikan motivasi dan pengaruh besar  bagi adanya pemikiran pembaharuan dalam islam, terutama dalam pendidikan akhlak. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis menganggap bahwa penting untuk mengkaji judul “Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dan Relevansinya  Dalam Pendidikan Akhlak Di Mts Islamiyah Kepung” jadi dalam penelitian ini akan membahas tentang pemikiran dari Ibnu Maskawaih dan keterkaitannya dalam pendidikan akhlak di Mts Islamiyah Kepung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak Ibnu Maskawaih di MTs Islamiyah Kepung dan untuk mengetahui relevansi dan dampak pendidikan akhlak di MTs Islamiyah kepung, Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian metode yang dikemukakan oleh Ibnu Maskawaih relevan dipakai dalam pendidikan formal seperti di MTs Islamiyah dan di implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sehari-hari terlebih lagi dalam pelajaran Akidah Akhlak yang tentunya memuat pelajaran tentang akhlak ,kesimpulan Pemikiran pendidikan akhlak Ibnu Maskawaih sejalan dengan pendidikan akhlak di MTs Islamiyah meliputi Materi, tujuan dan metode pendidikan akhlak. Tujuan pendidikan akhlak di implementasikan di MTs dengan cara diberikan materi dan metode  yang dapat mencetak peserta didik menjadi orang yang sholeh dan berakhlakul karimah.Dampak pendidikan akhlak terhadap peserta didik ialah menjadikan peserta didik yang dapat dicontoh serta menjadi suri tauladan yang baik atau berbudi  pekerti yang luhur dan berakhlak terpuji.

Referensi

Al Kaysi, Marwan Ibrahim, Terj. Esti Mardinani, Petunjuk Praktis Ahklak Islam, Alkasyi;Jakarta;Lintera, 2023.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik VI, Jakarta, Rineka Cipta 2006.

A’yun, Nayla Qurroti, And Ahmad Masrukin. “Upaya Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Putri Al Ma’ruf Kota Kediri.” Jurnal Pendidikan Islam 13, No. 2 (November 22, 2023): 110–22. Https://Doi.Org/10.38073/Jpi.V13i2.1131.

Pahlevi, Reza, And Tata Sutabri. “Analisis Manipulasi Data Akun Driver Go-Jek Menggunakan Metode Field Research.” Blantika: Multidisciplinary Journal 2, No. 1 (February 25, 2023): 86–92. Https://Doi.Org/10.57096/Blantika.V2i1.14.

Qusyairi, Asep. “Konsep Metode Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak Di Sdn Petir 3.” Bachelorthesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta, N.D

Diterbitkan

2024-08-22

Cara Mengutip

Ahmad Masrukin, & Nila Nur Hikmah. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 46-56. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1001

Terbitan

Bagian

Articles