Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung
DOI:
https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1001Kata Kunci:
Ibnu Maskawaih, Pendidikan Moral, Relevansi, DampakAbstrak
Ibnu Maskawaih merupakan intelektual dibidang filsafat akhlak, teori etika Ibnu Maskawaih bersumber pada filsafat Yunani, peradaban Persia, ajaran syariat islam.Pengaruh Plato dan Aristoteles sangat jelas dalam teori etika Maskawaih. Pemikiran filsafat akhlak Ibnu Maskawaih tidak merintangi bahkan mungkin mampu memberikan motivasi dan pengaruh besar bagi adanya pemikiran pembaharuan dalam islam, terutama dalam pendidikan akhlak. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis menganggap bahwa penting untuk mengkaji judul “Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Akhlak Di Mts Islamiyah Kepung” jadi dalam penelitian ini akan membahas tentang pemikiran dari Ibnu Maskawaih dan keterkaitannya dalam pendidikan akhlak di Mts Islamiyah Kepung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak Ibnu Maskawaih di MTs Islamiyah Kepung dan untuk mengetahui relevansi dan dampak pendidikan akhlak di MTs Islamiyah kepung, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian metode yang dikemukakan oleh Ibnu Maskawaih relevan dipakai dalam pendidikan formal seperti di MTs Islamiyah dan di implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sehari-hari terlebih lagi dalam pelajaran Akidah Akhlak yang tentunya memuat pelajaran tentang akhlak ,kesimpulan Pemikiran pendidikan akhlak Ibnu Maskawaih sejalan dengan pendidikan akhlak di MTs Islamiyah meliputi Materi, tujuan dan metode pendidikan akhlak. Tujuan pendidikan akhlak di implementasikan di MTs dengan cara diberikan materi dan metode yang dapat mencetak peserta didik menjadi orang yang sholeh dan berakhlakul karimah.Dampak pendidikan akhlak terhadap peserta didik ialah menjadikan peserta didik yang dapat dicontoh serta menjadi suri tauladan yang baik atau berbudi pekerti yang luhur dan berakhlak terpuji.
Referensi
Al Kaysi, Marwan Ibrahim, Terj. Esti Mardinani, Petunjuk Praktis Ahklak Islam, Alkasyi;Jakarta;Lintera, 2023.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik VI, Jakarta, Rineka Cipta 2006.
A’yun, Nayla Qurroti, And Ahmad Masrukin. “Upaya Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Putri Al Ma’ruf Kota Kediri.” Jurnal Pendidikan Islam 13, No. 2 (November 22, 2023): 110–22. Https://Doi.Org/10.38073/Jpi.V13i2.1131.
Pahlevi, Reza, And Tata Sutabri. “Analisis Manipulasi Data Akun Driver Go-Jek Menggunakan Metode Field Research.” Blantika: Multidisciplinary Journal 2, No. 1 (February 25, 2023): 86–92. Https://Doi.Org/10.57096/Blantika.V2i1.14.
Qusyairi, Asep. “Konsep Metode Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak Di Sdn Petir 3.” Bachelorthesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta, N.D
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index