Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0

Penulis

  • Nova Atika Royani Universitas Lampung
  • Riswandi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Nelly Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1119

Kata Kunci:

Kata Kunci: leadership, mutu pembelajaran, instructional, servant

Abstrak

Pesatnya perkembangan yang terjadi akibat revolusi industri 4.0 dan society 5.0 menyebabkan banyak adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga tenaga pendidik perlu beradaptasi dan berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Penerapan instructional leadership dan servant leadership kepala sekolah sangat diperlukan pada keprofesionalan tenaga pendidik khususnya pada era yang terus berkembang saat ini sehingga akan menentukan kualitas mutu pembelajaran sekolah di era society 5.0. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui hubungan instructional leadership dan servant leadership kepala sekolah dasar dengan mutu pembelajaran di era society 5.0. Populasi berjumlah 161 tenaga kependidikan. Adapun pengambilan sampel yakni dengan teknik proportionate stratified random sampling terdiri atas kepala sekolah dan sebagian pendidik di Gugus Matahari Kecamatan Natar dengan total 63 responden. Desain yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Terkumpulnya data penelitian melalui teknik angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara instructional leadership dan servant leadership kepala sekolah dasar dengan mutu pembelajaran di era society 5.0 dengan koefisien korelasi sebesar 0,825 berada pada kriteria “Sangat Kuat”.

Kata Kunci: leadership, mutu pembelajaran, instructional, servant

Referensi

Ahmad, A. F. (2014). Kepimpinan Instruksional dalam Peningkatan Pengajaran dan Pembelajaran yang Berkesan dalam Kalangan Pensyarah.

Alfi, N., dkk. (2022). Implementasi Servant Leadership pada Organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Sidoarjo (Studi Kasus Pada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Sidoarjo). JURNAL JAEMB Vol 2 No. 2, 229-234.

Dadang, & P, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Sistem Transaksi Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Konsentrasi Pemasaran Semester VIII. Jurnal Manajemen Bisnis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 1.

Das, W. H., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dan Relasinya terhadap Profesionalisme Guru. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Fauzi, H. N. (2020). Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Manajemen Mutu Terpadu di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Journal of Islamic Education and Innovation Vol. 1, No. 2, 29-38.

Hapudin, M., & Arief. (2022). Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cahaya Harapan.

Indonesia, Pemerintah Pusat. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1. Diambil kembali dari Database Peratutan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Indonesia, Pemerintah Pusat. (2005). Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 Pasal 2. Diambil kembali dari Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Indonesia, Pemerintah Pusat. (2005). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 6. Diambil kembali dari Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Indonesia, Pemerintah Pusat. (2005). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 8. Diambil kembali dari Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Indonesia, Pemerintah Pusat. (2005). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 9. Diambil kembali dari Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Indonesia, Pemerintah Pusat. Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 2. Diambil kembali dari Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013

Jahari, J., & Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Darul Hikam.

Midangsi, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Bali: Nilacakra.

Muhlis. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Hadapi Era Society 5.0. Tanggerang: Pascal Booke.

Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Metro: Hamim Group.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV Wade Group.

Rahmanto, A. (2022). Managemen, Supervisi, & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Septa, S., dkk. (2022). Pengaruh Instructional Leadership Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Bisnis (J-mabis) Vol. 1 No. 1.

Veronica, A., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Waruwu, M., dkk. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Servant Leadership. Jurnal Improvement Vol 8 No. 2.

Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference of Moslem Society. International Conference Of Muslem Society, 95-106.

Wisnu. (2010). Dimensi-dimensi Kualitas Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Sejarah Istoria, Vol 7, No. 2.

Diterbitkan

2024-08-22

Cara Mengutip

Royani, N. A., Riswandi, Fatkhur Rohman, & Nelly Astuti. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 55-70. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1119

Terbitan

Bagian

Articles