Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch

Penulis

  • Desi Fajarwati Universitas Islam 45 Bekasi
  • Baharudin Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1125

Kata Kunci:

Autism, Inklusi, ABA, InOrdinatio, TEACH

Abstrak

 

Angka autisme menurut World Health Organization (WHO) per 2023 adalah 1 dari 100 anak, kemungkinan akan terus mengalami kenaikan. Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) sebagai bagian dari masyarakat disabilitas  berhak mendapat pendidikan sesuai dengan amanat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam berbagai deklarasi. Hadirnya Pendidikan inklusi merupakan solusi dari pemerataan pendidikan bagi kaum disabilitas termasuk anak ASD. Anak ASD dengan segala gejala perilakunya yang variatif memerlukan kajian lebih tentang kurikulum pembelajaran agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai. Maka tujuan dari artikel ini adalah memadukan penelitian-penelitian yang sudah ada mengenai program pembelajaran anak ASD dalam sebuah Pendidikan inklusif yaitu program Applied Behavior Analysis (ABA) dan Treatment and Education of Autistic and related Communication Handicapped children (TEACCH). Metode yang digunakan adalah studi pustaka pada jurnal-jurnal terkait ABA dan TEACCH serta Pendidikan inklusi anak ASD, penyaringan jurnal menerapkan metode InOrdinatio. Program ABA yang dipadukan dengan TEACCH diharapkan akan menjadi patokan kurikulum bagi pembelajaran anak ASD, disamping memadukan faktor ketrampilan pengajar melalui training dan dukungan orang tua serta keluarga dari anak ASD.

Kata Kunci : , , , , TEACCH

Referensi

American Psychiatric Association. (2012). Autism spectrum disorders. www.psychiatry.%0Aorg.autism

Autism Society Canada. (2010). Prevalence in Canada.

Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers’ attitudes towards integration/inclusion: A review of the literature. European Journal of Special Needs Education, 17(2), 129–147. https://doi.org/10.1080/08856250210129056

Benjamin, S. (2002). Benjamin, S. (2002). The Micropolitics of Inclusive Education: An Ethnography.

Binder, C. (1996). Behavioral fluency: Evolution of a new paradigm. The Behaviour Analyst, 19, 163–197.

Diterbitkan

2024-08-22

Cara Mengutip

Fajarwati, D., & Baharudin. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 88-101. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1125

Terbitan

Bagian

Articles