Pengembangan Media Website Tahfidz Al–Quran di Pondok Pesantren Nurul Iman Al–Hasanah Kabupaten Bogor pada Jenjang SMP

Isi Artikel Utama

Khudri Asidiqi

Abstrak

Al – Quran sebagai wahyu dan mukjizat terbesar Rasulullah SAW
mempunyai dua pengertian yakni, pengertian secara bahasa dan pengertian secara
istilah. Al – Quran secara Bahasa merupakan bacaan atau yang dibaca, kata Al –
Quran merupakan bentuk Masdar dari fi’il “qara’a” yang dapat diartikan sebagai
isim maf’ul yang berarti bacaan atau yang dibaca. Sedangkan penjelan Al-Quran
secara istilah adalah nama dari kallamullah yang diturunkan kepada penutup para
nabidan rosul yaitu nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril.
Fungsi atau diturunkannya Al – Quran ialah sebagai petunjuk bagi manusia
sebagai yang bernilai ibadah. Selain itu Al – Quran merupakan sumber utama ajaran
islam serta pedoman hidup bagi setiap umat manusia agar memiliki kehidupan yang
baik dan berkah agar mendapatkan kebaikan dari dunia maupun akhirat nanti

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Asidiqi, K. (2024). Pengembangan Media Website Tahfidz Al–Quran di Pondok Pesantren Nurul Iman Al–Hasanah Kabupaten Bogor pada Jenjang SMP. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 123-131. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.1132
Bagian
Articles

Referensi

Abdulhak, I. and Darmawan, D. (2013) Teknologi Pendidikan. Edited by A. Kamsyach. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ajhuri, K.F. (2019) Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edited by Lukman. Yogyakarta: Penebar Media Pustakan.

Abdulhak, I. and Darmawan, D. (2013) Teknologi Pendidikan. Edited by A. Kamsyach. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ajhuri, K.F. (2019) Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edited by Lukman. Yogyakarta: Penebar Media Pustakan.

Anamisa, D.R. and Mufarroha, F.A. (2020) Dasar Pemrograman Web Teori & Implementasi (HTML, CSS, Javascript, Boostrap, Codelgniter). Malang: Media Nusa Creative.

Bahruddin, A.H. (2022) Al-Qur’an dan Cara Menghafalnya. Edited by M.D. R. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Batubara, H.H. (2018) Pembelajaran berbasis Web dengan Moodle versi 3.4. 1st edn. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. Available at: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20230.88643.

Batubara, H.H. (2020) Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Bekti, H.B. (2015) Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Edited by Th.A. Prabawati. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Belawati, T. (2019) Pembelajaran Online. 1st edn. Banten: Universitas Terbuka.

Branch, R.M. (2010) Instructional design: The ADDIE approach, Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. Available at: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Fathoni, A. et al. (2023) Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran Digital. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Giyanti, Ernawati and Setiadi, H. (2022) Penilaian Tahfiz Al-Qur’an Konsep, Analisis, dan Praktik. Edited by S. Rahman. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Kustandi, C. and Darmawan, D. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. 1st edn. Jakarta: Penerbit Kencana.

Mahmud, M.E. (2020) Teknologi Pendidikan Konsep Dasar dan Aplikasi. Edited by A.H. Khanz, Sumarno, and A. Kholik. Samarinda: Mulawarman University Press.

Mahisarani, Sinaga , A. I. and Anas, N. (2023) “Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa”, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), pp. 218–235. doi: 10.32832/tadibuna.v12i3.9955.

Mazrur (2011) Teknologi Pembelajaran. Malang: Intimedia dan P3M STAIN Palangkaraya Press.

Miarso, Y. (2016) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. 2nd edn. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Milawati (2021) ‘Pengertian, Fungsi dan Penggunaan Media Pembelajaran’, in F. Sukmawati (ed.) Media Pembelajaran. CV Tahta Media Group, pp. v–260.

Nurhidayai, T. (2023) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Edited by Z.R. Bahar. Malang: PT. Literasi Nusantara Abdi Grup.

Nuriman (2021) Memahami Metodologi Studi Kasus, Grounded Theory, dan Mixed Method. 1st edn. Jakarta: Kencana.

Priadana, H.M.S. and Sunarsi, D. (2021) Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Pribadi, R.B.A. (2009) Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat. Available at: www.dianrakyat.co.id.

Ramadi, B. (2021) Panduan Tahfizh Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. Medan: UIN Sumatera Utara. Available at: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12351 (Accessed: 27 July 2024).

Rusmayana, T. (2021) Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa. Edited by R. Hartono. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada . Available at: www.penerbitwidina.com.

Slamet, F.A. (2022) Model Penelitian Pengembangan. Edited by R. Risdiantoro. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Sudaryono (2016) Metode Penelitian Pendidikan. 1st edn. Jakarta: Kencana.

Sukiman (2012) Pengembangan Media Pembelajaran. Edited by M.A. Salmulloh. Yogyakarta: Pedagogia.

Sulaiman, H. et al. (2020) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Pengasuhan Anak Lintas Budaya. Edited by N. Asri. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widodo, B.S. (2021) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Sistematis & Komprehensif. Yogyakarta: Eiga Media.

Winaryati, E. et al. (2021) Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Edited by S. Nahidloh. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Yaumi, M. (2018) Media dan Teknologi Pembelajaran. 1st edn. Edited by S.F.S. Sirate. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Yuberti (2015) Dinamika Teknologi Pendidikan. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) .

Zafri and Hastuti, H. (2021) Metode Penelitian Pendidikan. 1st edn. Edited by D. Safitri. Depok: Rajawali Pers.