Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Fakri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i2.1232

Kata Kunci:

Teknologi, Pembelajaran, Agama Islam

Abstrak

Dalam era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak terkecuali. Jurnal ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis data yang relevan, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran online, video pembelajaran, dan media sosial, dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperluas aksesibilitas materi, dan mendukung pembelajaran yang lebih interaktif. Dengan demikian, penerapan teknologi dalam pembelajaran PAI dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di Indonesia.

Referensi

Ilfana, Aulia. “Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Guru Bimbingan Konseling (Suatu Tinjauan Studi Pustaka).” Jurnal Paedagogy, vol. 9, no. 1, 2022, pp. 192–97.

Kurniawidi, Dian W., et al. “Artikel Ilmiah Sebagai Media Kenaikan Pangkat Guru MA–MTs Di Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual Praya Lombok Tengah.” Prosiding PEPADU, vol. 2, 2020, pp. 116–19.

Munawar, Moh. “Merdeka Belajar.” Jurnal Pedagogy, vol. 15, no. 2, 2022, pp. 137–49.

Prabowo, Aji Bayu, et al. “STRATEGI PSIKOANALISIS GURU BIMBINGAN KONSELINNG DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMA N 1 BATUR BANJARNEGARA.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 3, 2022, pp. 78–88.

Rahmawati, Heny Kristiana, et al. Psikologi Perkembangan. 2022.

Ratnasari, Ratnasari, et al. “Peran Guru BK (Bimbingan Dan Konseling) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, 2021, pp. 4051–56.

Sriani, Endang. “Peran Santripreneur Pondok Pesantren Edi Mancoro Terhadap Kemandirian Pesantren Dan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 3, 2022, pp. 3383–93.

Supriadi, Suoriadi. “Bimbingan Teknis Pembuatan Aplikasi Goole Form Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Ketapang.” Jurnal Pembelajaran Prospektif, vol. 6, no. 1, 2021.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). Islamic REBT counseling to improve the visually impaired people’s self esteem. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Fakri. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 91-98. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i2.1232

Terbitan

Bagian

Articles