MENGATASI KESENJANGAN TEORI DAN PRAKTIK DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF INDONESIA-MALAYSIA

Isi Artikel Utama

Jumatul Hidayah
Revi Adekamisti
Lukman Asha
Jumira Warlizasusi
Irwan Fathurrochman

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi teori pendidikan dan manajemen dalam mengembangkan tata kelola pendidikan yang adaptif, efektif, dan berkelanjutan. Fokus utama penelitian adalah mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik manajemen pendidikan di Indonesia dan Malaysia, serta mengevaluasi penerapan teori manajemen klasik dan kontemporer dalam konteks pendidikan. Pendekatan manajemen klasik, dengan penekanan pada efisiensi dan struktur hierarkis, dinilai kurang fleksibel dalam menghadapi kebutuhan pendidikan modern, sehingga perlu dilengkapi dengan teori human relations dan kepemimpinan transformasional yang mendorong inovasi dan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual baru yang memadukan teori pendidikan dan manajemen serta memberikan rekomendasi praktis bagi manajemen pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan normatif dengan kajian literatur dan analisis komparatif terhadap kebijakan dan praktik manajemen pendidikan di Indonesia dan Malaysia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Malaysia lebih berhasil dalam menerapkan manajemen berbasis hasil melalui keterlibatan komunitas, sementara Indonesia menghadapi tantangan dalam konsistensi penerapan kebijakan di berbagai daerah. Hasil penelitian menekankan pentingnya strategi manajerial adaptif yang berbasis konteks sosial dan budaya lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan menawarkan model baru untuk manajemen pendidikan, dan rekomendasi praktis berupa strategi adaptif serta peningkatan kolaborasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hidayah, J., Adekamisti, R., Asha, L., Warlizasusi, J., & Fathurrochman, I. (2025). MENGATASI KESENJANGAN TEORI DAN PRAKTIK DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF INDONESIA-MALAYSIA. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 166-181. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1262
Bagian
Articles

Referensi

Abraham, T. H. (2021). A method for developing trustworthiness and preserving richness of qualitative data during team-based analysis of large data sets. American Journal of Evaluation, 42(1), 139–156. https://doi.org/10.1177/1098214019893784

Aithal, P. S., & Aithal, S. (2019). Analysis of higher education in Indian National Education Policy Proposal 2019 and its implementation challenges. International Journal of Applied Engineering and Management Letters (IJAEML, 3(2), 1–35.

Aktar, S. (2021). New Education Policy 2020 of India: A theoretical analysis. International Journal of Business and Management Research, 9(3), 302–306.

Al-Hunaiyyan, A., Al-Hajri, R., Alzayed, A., & Alraqqas, B. (2016). Towards an effective distance learning model: Implementation framework for Arab universities. International Journal of Computer Application, 6(5), 179–225.

Banerjee, N., Das, A., & Ghosh, S. (2021). National Education Policy (2020): A critical analysis. Towards Excellence, 13(3), 406–420.

Barokas, J., & Barth, I. (2018). Multi-stakeholder ecosystems in rapidly changing educational environments. In 2018 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON) (pp. 1934–1938). IEEE. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8363472/

Bhatti, S. H., Hussain, M., & Salman, M. (2022). The realistic approach of criminological theories to reduce social evils: A case study of Pakistan with an international perspective. Annals of Social Sciences and Perspective, 3(2), 373–385.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE.

Emmerich, M., & Hormel, U. (2021). Unequal inclusion: The production of social differences in education systems. Social Inclusion, 9(3), 301–312.

Goldbach, A., Hauser, M., Schuppener, S., Leonhardt, N., van Ledden, H., & Bergelt, D. (2022). Social responsibility in the context of inclusive higher education development: Experiences and insights from the perspective of participatory teaching. International Journal of Sustainability in Higher Education, 23(4), 799–814.

Hovardas, T. (2021). Social sustainability as social learning: Insights from multi-stakeholder environmental governance. Sustainability, 13(14), 7744.

Klein, J. T. (2020). Sustainability and collaboration: Crossdisciplinary and cross-sector horizons. Sustainability, 12(4), 1515.

Koutsouris, G., Anglin-Jaffe, H., & Stentiford, L. (2020). How well do we understand social inclusion in education? British Journal of Educational Studies, 68(2), 179–196