IMPLEMENTASI NILAI TAUHID DALAM KELUARGA: MEMBENTUK KARAKTER INDIVIDU DAN MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONAL

Isi Artikel Utama

Heni Ani Nuraeni

Abstrak

Dalam ranah keagamaan, keluarga memegang peranan signifikan dalam menerapkan nilai-nilai agama, termasuk tauhid, yang merupakan salah satu konsep sentral dalam agama Islam. Secara etimologis, tauhid sendiri berarti keesaan Lantas, apakah penerapan tauhid dalam keluarga memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan karakter individu dan kinerja mereka dalam dunia profesi yang semakin kompleks? Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas bagaimana penerapan nilai tauhid dalam lingkup keluarga dapat berdampak pada sikap seseorang dalam dunia profesi mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk ke dalam sumber data primer, yang mana data penelitian di dapat dari hasil wawancara dengan menggunakan teknik purposive. Terdapat tiga teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian, yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Setelah melakukan wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa nilai-nilai agama memainkan peran penting dalam membentuk perilaku, nilai-nilai, dan harapan keluarga untuk masa depan. Sebab, dengan mereka menjalankan praktik-praktik agama seperti shalat, membaca Al-Qur'an, berpakaian sesuai syariat, dan beristigfar sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, dapat membentuk akhlak yang baik pada anak-anak dan memberikan teladan yang baik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ani Nuraeni, H. (2025). IMPLEMENTASI NILAI TAUHID DALAM KELUARGA: MEMBENTUK KARAKTER INDIVIDU DAN MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONAL. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 182-195. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1310
Bagian
Articles

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afrizal, L. H. (2018). Rububiyah dan Uluhiyyah sebagai Konsep Tauhid. Tasfiyah, 2(01), 41–74.

Dwi Fajri, M., Saepudin, D., Bahrudin, & Ibdalsyah. (2023). the Concept of Tauhid Education in the Family Environment: Study of Hamka’S Perspective. Profetika: Jurnal Studi Islam, 24(01), 33–45. https://doi.org/10.23917/profetika.v24i01.1672

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.