ANALISIS FENOMENA BULLYING DI DUNIA PENDIDIKAN PERSPEKTIF TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bullying merupakan tindakan agresif yang secara berkali-kali dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu lain yang lebih rentan. Perilaku ini mencakup bentuk fisik, verbal, dan relasional. Fenomena ini tidak hanya berdampak pada kesehatan mental dan perkembangan sosial korban, tetapi juga menjadikan lingkungan pendidikan yang tidak aman dan tidak kondusif bagi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan Psikologi. Data yang dianalisis meliputi buku, artikel, jurnal, dan laporan terkait bullying. Teori Ekologi Bronfenbrenner digunakan untuk memahami bagaimana berbagai lapisan lingkungan mikrosistem, mesosistem, eksosistem, makrosistem, dan kronosistem saling memengaruhi perilaku bullying. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku bullying tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal individu, tetapi juga oleh lingkungan keluarga, budaya sekolah, tekanan teman sebaya, serta pengaruh media dan kebijakan sosial. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan multidimensi dalam pencegahan dan intervensi sangat penting untuk menangani bullying. Strategi yang melibatkan keluarga, sekolah, dan masyarakat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif anak. Dengan memahami hubungan antar lapisan ekologi ini, penelitian ini menawarkan rekomendasi kebijakan yang lebih holistik untuk mengurangi insiden bullying di lingkungan pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pencegahan bullying dan menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan aman
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658.
Afifah, A., Zaini, A., & Dianto, M. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik di Kelas XI IPS SMAN 2 Tebo. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(1), 10.
Al-Qur’an dan terjemahannya. (2004). Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali-Art.
Aliim, T. F., & Darwis, R. S. (2024). Membangun Karakter untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan dengan Pendekatan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 6(1), 50–58.
Amran, T. A., & Slametiningsih, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying pada Siswa di SMK Islamiyah Ciputat. Indonesian Journal of Nursing Practices, 4(1), 36.
Andayani, B. (2004). Tinjauan Pendekatan Ekologi tentang perilaku Pengasuhan Orang Tua. Buletin Psikologi, 12(1), 44–60.
Anggraeni, R. S., & Inten, D. N. (2021). Implikasi Pendidikan dari QS Al-Hujurat Ayat 11 terhadap Pencegahan Perilaku Bullying. Jornal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 5. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.34
Arifin, Muhajir. (2024). “SMAN 4 Kota Pasuruan Buka Suara Soal Siswa Dibully hingga Masuk RSJ”. Online. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7510898/sman-4-kota-pasuruan-buka-suara-soal-siswa-dibully-hingga-masuk-rsj diakses: 9 November 2024.
Arifin, S. (2017). Revitalisasi Keluarga Sebagai Lingkungan Pendidikan. Jurnal Kariman, 5(1), 10.
Aubrey, K., & Riley, A. (2022). Understanding and Using Educational Theories. ed. by James Clark, 3rd editio SAGE.
Barsah, Z. (2024). Fenomena Bullying Terhadap Kenyamanan Belajar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 3(3), 92–98. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v3i3-2416
Bodhi, S., & Zahara, N. (2022). Sosialisasi Hukum Mengenai Bullying dan Hate Speech di Lingkungan Kerja Pt. Olsera Indonesia Pratama. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 1426.
Bronfenbrenner. (1986). Ecology of the Family As A Context for Human Development Research Perspectives. Developmental Psychology.
Bronfenbrenner, Urrie. (1997). Toward An Experimental Ecology of Human Development. American Psychologist 32(7): 513–531.
Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah. Journal Educatione: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 112.
CNN Indonesia. (2023). "Siswa SD Banyuwangi Bunuh Diri, Diduga Sering Diolok Karena Anak Yatim”. Online. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230302144237-20-919906/siswa-sd-banyuwangi-bunuh-diri-diduga-sering-diolok-karena-anak-yatim , diakses: 9 November 2024.
Damayanti, D. C., Musa’adah, S., Mulyadi, S., & Purwati, P. (2023). Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga Terhadap Dinamika Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 7(1), 28