PEMIKIRAN OTORITAS MAX WEBER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH GOBAH V SURAU

Isi Artikel Utama

Hadi Latif
Silfia Hanani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implikasi penerapan pemikiran otoritas Max Weber dalam proses pengambilan keputusan di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Gobah V Surau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali penerapan pemikiran otoritas Max Weber dalam pengambilan keputusan di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Gobah V Surau. Fokus utama dalam penelitian ini adalah memahami bagaimana tiga tipe otoritas Weber, yaitu otoritas tradisional, karismatik, dan rasional-legal, berperan dalam proses pengambilan keputusan yang melibatkan pemimpin pesantren, guru, dan santri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan otoritas Weberian di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Gobah V Surau menunjukkan bahwa penggabungan antara otoritas tradisional, karismatik, dan rasional-legal menciptakan lingkungan pendidikan yang kuat dan adaptif. Otoritas tradisional menjaga nilai-nilai spiritual dan moral, sementara otoritas karismatik dari pemimpin seperti kyai membangun loyalitas di kalangan santri. Di sisi lain, penerapan otoritas rasional-legal meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam manajemen pendidikan. Meskipun ada tantangan dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah modernisasi, kombinasi ketiga bentuk otoritas ini memberikan fondasi yang solid bagi pesantren untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, tanpa kehilangan identitas dan karakter khasnya. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Gobah V Surau berpotensi menjadi lembaga pendidikan yang relevan dan responsif, sekaligus setia pada warisan budaya dan spiritual yang telah ada

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Latif, H., & Hanani, S. (2025). PEMIKIRAN OTORITAS MAX WEBER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKOLAH: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH GOBAH V SURAU. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 242-252. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1393
Bagian
Articles

Referensi

Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Andriani, P. R. (2024). Gaya Kepemimpinan Kyai Di Pondok Pesantren Nurul Azhar Ringinputih Sampung Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Devi, I., Hanani, S., Iswantir, M., Syafitri, A., & Harahap, N. I. Y. (2023). Birokrasi dan Struktur Kekuasaan dalam Organisasi Pendidikan Modern: dengan Pendekatan Max Weber. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 268–281.

Gaol, N. T. L. (2023). Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental. PT. Scifintech Andrew Wijaya.

Halim, A. (2020). Sosiologi politik etnik: studi otoritas dan demokrasi lokal masyarakat Madura. Cita Intrans Selaras Malang.

Jamalulel, H. A. (2018). Peran kepemimpinan karismatik kiai dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kabupaten Bogor. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Kamaludin, M. (2023). Pergeseran Otoritas Kiai: Dampak dan Makna dalam Perspektif Sosial. Jakad Media Publishing.

Lubis, M. S. (2024). Kepemimpinan Spiritual KIAI: Menguak Tabir Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba dan Pondok Pesantren Al Jamaliyah Raso. umsu press.

Lue, & Palupi, Y. (2022). Ilmu Sosial Dasar. BUKU Karya Dosen IKIP PGRI Wates, 1(1).

Naamy, N. (2023). Transformasi Sosial Dakwah Tuan Guru; Dari Tradisional Menuju Era Digital. Ulul Albab: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 10(2).

Nurrohman, F. (2023). Aksara jawa pegon sebagai pengantar di pesantren jawa (analisis otoritas kharismatik menurut max weber). PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 54–64.

Rosita, N. (2018). Kepemimpinan Kharismatik Kiai di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(2), 166–183.

Salim, K. (2023). Sosiologi Kekuasaan: Teori dan Perkembangan. Bumi Aksara.

Silfia, H. (2013). Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan. Ar-Ruzz Media.

Sulhan, M., & Lessy, Z. (2022). Otoritas Tuan Guru Terhadap Dakwah Islam Pada Massyarakat Sasak Lombok: Analisis Teori Otoritas Max Weber. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 4(2), 101–112.

Supriadi, D., & Rejokirono, R. (2020). Efektivitas Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah SMK di Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 32–40.

Yasid, A. (2018). Paradigma baru pesantren. IRCiSoD.

Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.

Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.

Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.

Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.

Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.

Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101.

Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.

Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.

Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.

Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44