Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pendidikan Islam Bagi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i1.1399Kata Kunci:
Augmented Reality, Pendidikan Islam, Pemahaman Konsep, Inovasi PembelajaranAbstrak
Latar belakang penelitian ini berfokus pada penerapan teknologi Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan pemahaman konsep-konsep abstrak dalam Pendidikan Islam bagi peserta didik. Meskipun AR telah diterapkan dalam berbagai bidang pendidikan, penggunaannya dalam konteks Pendidikan Islam masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana AR dapat membantu peserta didik memahami konsep-konsep Islam secara lebih interaktif dan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, serta analisis literatur terkait penerapan AR dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR dapat mempermudah peserta didik dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam Pendidikan Islam, seperti konsep Tuhan, Rasul, dan kehidupan akhirat. Penggunaan AR juga menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, serta memberikan visualisasi yang lebih jelas terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan AR memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep Pendidikan Islam, serta memberikan kontribusi penting dalam inovasi metode pembelajaran agama Islam yang lebih efektif dan menarik.
Referensi
Adi, N. H., Lubis, A. L., Basriadi, A., Dewi, I. P., & Wahdi, Y. W. (2024). Augmented Reality Learning Media Application In Computer Networking Courses. Sinkron Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 8(3), Article 3.
Asst. Prof. Sonali Sagar Gholve & Patil Pragati Prashant. (2024). Augmented Reality and Virtual Reality: A New Way of Seeing the World. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 511–516.
Daulay, A. F., Oktaviola, S., Prabaswara, A. H., & Nabilah, N. (2024). Peranan Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di Sekolah Bidayatul Hidayah IV. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4.
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), Article 1.
J., S., K., V., & M., S. S. (2024). Enhancing Engagement and Understanding in Education using Augmented Reality. Journal of Information Technology and Digital World, 6(3), 264–273.
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Rohandi, M., Pakaja, J. A., Mulyanto, A., Novian, D., A, H., Ashari, S. A., & Nugraha, B. (2024). Utilization of learning media based on augmented reality on design material network topology. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 36(2), Article 2.
Sci-ar: Enhance science learning through augmented reality. (2024). International Journal of Engineering Applied Science and Technology, 09(03), 41–53.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index