PENGGUNAAN ASSESSMENT AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA TINGKAT ALIYAH

Penulis

  • Masrizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i2.1405

Kata Kunci:

Assessment autentik, Pembelajaran berbasis proyek, Kreativitas siswa, Keterampilan abad ke-21

Abstrak

Pendidikan di era modern menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas dan pemecahan masalah, selain pencapaian akademik. Salah satu pendekatan yang banyak digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pembelajaran berbasis proyek dengan assessment autentik, yang mendorong siswa untuk aktif berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan assessment autentik dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa tingkat aliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan assessment autentik dapat meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam hal pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi. Penilaian yang berfokus pada proses memberikan umpan balik yang lebih mendalam bagi perkembangan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang relevan untuk kebutuhan zaman, serta membantu guru dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa.

Referensi

Appiah-Odame, E. K. (2024). Authentic Assessment for Motivating Student Learning and Teaching Effectiveness in Rural, High-Need Secondary Schools in Manitoba, Canada. European Journal of Mathematics and Science Education, 5(2), 93–104. https://doi.org/10.12973/ejmse.5.2.93

Bahari, J. I. (2023). EVALUATION OF COGNITIVE, PSYCHOMOTOR, AND AFFECTIVE ASPECTS IN THE SUBJECT OF ISLAMIC EDUCATION. INCARE, International Journal of Educational Resources, 4(2), 136–162. https://doi.org/10.59689/incare.v4i2.702

Collins, R. (2013). Authentic assessment: Assessment for learning. Curriculum and Leadership Journal, 11(7).

Messy, M., Putri, F., & Ilmi, D. (2023). The IMPLEMENTATION OF HOLISTIC LEARNING STRATEGIES: IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN HOLISTIK. El-Rusyd, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v8i1.140

Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Masrizal. (2024). PENGGUNAAN ASSESSMENT AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA TINGKAT ALIYAH. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 99-108. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i2.1405

Terbitan

Bagian

Articles