KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Muhammad Alfiannur Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Yahya Mof Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Dina Hermina Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1429

Kata Kunci:

Kata kunci: Kepemimpinan, Pengelolaan, Lembaga Pendidikan Islam, Prinsip Islam, Kualitas Pendidikan, Tantangan.

Abstrak

Kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif, berkualitas, dan berorientasi pada nilai-nilai Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep kepemimpinan dalam konteks lembaga pendidikan Islam, termasuk model kepemimpinan yang relevan, tantangan yang dihadapi, serta dampaknya terhadap pengelolaan pendidikan. Dengan pendekatan kualitatif dan studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan yang berbasis pada prinsip-prinsip Islam seperti amanah, keadilan, dan musyawarah dapat memperkuat tata kelola lembaga pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan karakter siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia, dana, dan perubahan sosial menjadi hambatan utama yang memerlukan kepemimpinan yang adaptif dan visioner. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan yang baik dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman

Referensi

Aziz, Mursal. Etika Akademis dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah, Vol. 25 No. 1, 2018.

Daft, Richard L. Pengalaman Kepemimpinan. Amerika Serikat: Thomson South-Western, 2008.

Ghiselli, E.E. Bakat Manajerial. Boston: Houghton Mifflin Communicative, 1960.

Hafidhuddin, Didin dan Henri Tanjung. Pendahuluan ke Manajemen Syariah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2019.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Mas’ud, Abdurrahman. Kaum Intelektual Pesantren: Pertemuan antara Agama dan Tradisi. Yogyakarta: LKiS, 2004.

Mesiono & Mursal Aziz. “Pengelolaan Pencegahan Korupsi dalam Pendidikan Islam untuk Membangun SDM Unggul.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24, Issue 08, 2020.

Napitupulu, Dedi Sahputra. Kode Etik Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama, 2020.

Napitupulu, Dedi Sahputra. Madrasah Berwawasan Lingkungan. Medan: CV. Widya Puspita, 2018.

Nawai, Hadari. Manajemen SDM untuk Kompetisi Bisnis. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005.

Samani. Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Sutrisno, Edy. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenada Media, 2010.

Syafafuddin dan Asrul. Kepemimpinan Pendidikan Modern. Bandung: Citapustaka Media, 2013.

Syafaruddin. Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Keilmuan dan Islam. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Uha, Ismail Nawawi. Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja: Proses, Perkembangan, Dinamika, dan Efektivitas Organisasi. Jakarta: Kencana, 2013.

Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.

Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.

Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.

Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.

Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.

Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101.

Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.

Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.

Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.

Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Alfiannur, M., Mof, Y., & Hermina, D. (2025). KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 277-287. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1429

Terbitan

Bagian

Articles