KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS PERSPEKTIF IBNU KATSIR DAN RELEVANSINYA DALAM TATA KELOLA KEPENDIDIKAN

Isi Artikel Utama

Lintang Laila Putri Sholikhah
Rz. Ricky Satria Wiranata

Abstrak

Penelitian ini membahas kepemimpinan demokratis dalam QS Ali Imran:159 perspektif Ibnu Katsir melalui Tafsir Al-Quran Al-Adzim dan relevansinya terhadap tata kelola kependidikan di STAIT Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini tertuju pada pentingnya penerapan nilai-nilai kepemimpinan demokratis dalam lembaga pendidikan, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pemikiran Ibnu Katsir tentang kepemimpinan demokratis dan mengaitkannya dengan praktik di STAIT Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif, melalui pendekatan studi literatur pada kitab tafsir Al-Qur'an Al-Adzim karya Ibnu Katsir serta wawancara terstruktur kepada kepala program studi, dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai utama kepemimpinan demokratis menurut Ibnu Katsir: lemah-lembut, empati, dan musyawarah. Dari hasil tersebut, ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai kepemimpinan demokratis yang dikemukakan oleh Ibnu Katsir relevan dalam tata kelola kependidikan di STAIT Yogyakarta, sehingga dapat mendukung pengembangan lingkungan belajar yang lebih partisipatif

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sholikhah, L. L. P., & Wiranata, R. R. S. (2025). KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS PERSPEKTIF IBNU KATSIR DAN RELEVANSINYA DALAM TATA KELOLA KEPENDIDIKAN. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 132-143. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.1432
Bagian
Articles

Referensi

Amiruddin, I., Nurdyansyah, N., & Churahman, T. (2020). Pola Kepemimpinan Santri dalam Berorganisasi di Pesantren Perssatuan Islam (PERSIS) Bangil. Proceedings of The ICECRS, 5, https://doi.org/10.21070/icecrs2020408.

Ariyunita, N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Pendididik dan Kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda Maguwo, Sleman. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1):30–46, https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.201.

Azizah, B., & Syafi’i, I. (2020). Prosedur Pengambilan Keputusan di Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Manova: jurnal manajemen dan inovasi, 2(2): 32–42, https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.276.

Bashori. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1): 19–28.

Center for Creative Leadership, Gentry, W., Weber, T., Center for Creative Leadership, Golnaz, S., & Teachers College. (2016). Empathy in the workplace: A tool for effective leadership. Center for Creative Leadership, https://doi.org/10.35613/ccl.2016.1070.

Citraningsih, M.Pd., D. (2024, October 29). Wawancara tentang Nilai-Nilai Kepemimpinan Demokratis Perspektif Ibnu Katsir dan Relevansinya dalam Tata Kelola Kependidikan STAIT Yogyakarta [Personal communication].

Diswantika, N., & Yustiana, Y. R. (2022). Model Bimbingan dan Konseling Bermain Cognitive-Behavior Play Therapy Untuk Mengembangkan Empati Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1): 40–56, https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6215.

Fakrurradhi, F. (2022). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam dalam Al-Qur`an Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Al Mashaadi: Jurnal Ilmu Syariah, 2(2): 1–15, https://doi.org/10.52029/jis.v2i2.55.

Farihat, K. S. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri. Jurnal Dikdas Bantara, 6(2): 69–80, https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i2.4256.

Hendriani, S., & Tugiah. (2022). Kepemimpinan dalam Sudut Pandang Islam. Jurnal Sosial dan Teknologi, 2(6): 516–527, https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.349.

Hidayat, W., Olifiansyah, M., Dzulfiqar, M., & Diaying, B. P. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. el-HiKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1): 99-111.

Hodijah, A., Dewi, B. N. I., Fitria, D. I., Subagja, S. F., & Hudaya, A. P. (2024). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Otoriter terhadap Motivasi Kerja Perawat: Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1): 156–165.

Ibn Katsir, I. I. U. (1997). Tafsir Al-Quran Al-Adzim. Beirut: Dar El-Marefah.

Ibn Katsir, I. I. U. (2015). Al-Bidayah wa An-Nihayah. Riyadh: Dar Alim Al-Kutub.

Mardia, & Mukhtar S, M. (2023). Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2): 108–120, https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.500.

Mella, A. (2024, November 19). Wawancara tentang Nilai-Nilai Kepemimpinan Demokratis Perspektif Ibnu Katsir dan Relevansinya dalam Tata Kelola Kependidikan STAIT Yogyakarta [Personal communication].

Mexhuani, B., & Mexhuani, F. (2023). Leadership styles and the legitimacy of Kosovo’s leaders. Cogent Social Sciences, 9(1): 2242611, https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2242611.

Mustika, D., Anggraini, A., Hadi, A. E., Yulanda, D. N., Setianingsih, E., Sari, M. G., Zuliyanti, T. R., & Ramadhan, N. S. (2022). Konsep Kepemimpinan Demokratis dalam Membuat Keputusan di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2): 11139–11142, https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4205.

Nazarani, M. M., Sanofa, G. L., Hasanuddin, M. A., Damayanti, S., & Putri, N. S. (2024). Peran Gaya Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Lingkungan Belajar Inklusif di Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikasi, sosial dan Ilmu Politik, 1 (5): 327–335.

Noviandari, M.Pd., H. (2024, November 6). Wawancara tentang Nilai-Nilai Kepemimpinan Demokratis QS Ali-Imran: 159 dan Relevansinya dalam Tata Kelola Kependidikan di STAIT Yogyakarta [Personal communication].

Nurhartanto, A. (2015). Nilai–Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 159-160. ROFETIKA: Jurnal Studi Islam, 16(2): 155–166.

Nurhuda, A. (2023). Kepemimpinan Negara dalam Diskursus Pemikiran Politik Al-Farabi: Book Review. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1): 71–76, https://doi.org/10.56630/jti.v5i1.338.

Pahrudin, A., Suhartono, & Tasdiq. (2024). Demokrasi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1): 43–52, https://doi.org/: https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3250.

Pratama, M. A. Q. (2018). Kepemimpinan dan Konsep Ketatanegaraan Umar Ibn Al-Khattab. JUSPI: Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 2(1): 59–70, https://doi.org/10.30829/j.v2i1.1496.

Ratna Trisnawati, S.Pd., D. (2024, November 6). Wawancara tentang Nilai-Nilai Kepemimpinan Demokratis Perspektif Ibnu Katsir dan Relevansinya dalam Tata Kelola Kependidikan STAIT Yogyakarta [Personal communication].

Sandiana, Hakim, L., Bahtiar, & Nasri, U. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Guru dan Mutu Pendidikan di SMA Islam Al-Ma’arif Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya. AL-FIKRU: Jurnal Pendidikan dan Sains, 4 (2): 407–416, https://doi.org/10.55210/al-fikru.v4i2.1167.

Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1): 75–83, https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131