PENDEKATAN INOVATIF DALAM MEREKUNTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KOLABORASI ISO, TQM, DAN MBS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovatif dalam merekonstruksi sistem pendidikan Islam melalui kolaborasi pendekatan ISO, Total Quality Management (TQM), dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didasarkan pada studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari karya tulis ilmiah seperti buku, artikel jurnal, internet, dan tulisan-tulisan lain yang berkaitan dengan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ISO memberikan kerangka kerja untuk manajemen mutu berdasarkan standar internasional, TQM meningkatkan kualitas melalui partisipasi semua pihak, dan MBS memperkuat otonomi sekolah untuk memenuhi kebutuhan lokal. Ketiga pendekatan kolaboratif ini mampu menciptakan sistem pendidikan yang holistik, berkelanjutan, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Kesimpulannya, integrasi ISO, TQM, dan MBS memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam, menciptakan lingkungan belajar yang optimal, dan membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan berakhlakul karimah
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Abidin, Z. (2022). Implementasi Total Quality Management pada Pendidikan Islam. Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 2(1). 53-62