PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA DI MIN 11 BANDA ACEH MELALUI PERAN AKTIF GURU DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EFEKTIF
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peningkatan literasi digital merupakan komponen penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran aktif guru dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat pembelajaran yang efektif di MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif untuk mengungkapkan penerapan teknologi informasi oleh guru dalam meningkatkan literasi digital siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru di MIN 11 Banda Aceh secara proaktif memanfaatkan berbagai perangkat teknologi, seperti komputer, tablet, dan aplikasi pembelajaran digital dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, guru juga memberikan pembekalan kepada siswa mengenai cara penggunaan teknologi yang tepat dan efisien. Penerapan teknologi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengakses dan mengevaluasi informasi, tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Meskipun ada tantangan terkait dengan keterbatasan infrastruktur dan perbedaan kemampuan teknologi di kalangan siswa, guru mampu mengatasi hambatan tersebut dengan solusi yang inovatif. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa peran aktif guru dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pembelajaran sangat berkontribusi terhadap peningkatan literasi digital siswa, yang sangat penting di era digital saat ini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Arief, R. (2020). Literasi Digital: Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Aksara.
Dewi, R. (2025). Pendidikan dan Teknologi: Membangun Karakter Siswa di Era Digital. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Fitriani, N. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Banda Aceh: Penerbit Ilmu Pendidikan.
Hassan. (2023). Literasi digital sebagai keterampilan dasar sangat penting di dunia yang semakin kompetitif.
Hadi. (2024). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran berbasis teknologi membantu siswa mengatasi tantangan dan memaksimalkan penggunaan teknologi.
Hasanah, N. (2023). Inovasi Pengajaran Digital di Sekolah. Bandung: Pustaka Teknologi.
Hidayat, A. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Teknologi Informasi. Bandung: Pustaka Pembelajaran.
Mulyadi, I. (2019). Pendidikan dan Teknologi Informasi: Implementasi Literasi Digital di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Insan Mandiri.
Nugroho, Y. (2022). Etika Digital dan Pengaruhnya dalam Dunia Maya. Jakarta: Penerbit Pustaka Emas.
Nasution, M. (2023). Peran Media Sosial dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Yogyakarta: Penerbit Edukasi.
Rizal. (2025). Peran guru dalam meningkatkan literasi digital sangat penting agar siswa bisa menggunakan teknologi secara efektif dan bertanggung jawab.
Ramadhan, D. (2023). Inovasi Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Teknologi.
Rina, L. (2021). Literasi Digital untuk Generasi Muda. Yogyakarta: Penerbit Solusi Press.
Sulaiman. (2024). Tantangan dalam akses teknologi yang tidak merata menjadi hambatan dalam pembelajaran berbasis digital di sekolah.
Suryanto, D. (2021). Transformasi Digital dalam Dunia Kerja. Surabaya: Penerbit Media Press.
Santosa, B. (2020). Keamanan Siber dan Literasi Digital. Bandung: Penerbit Informatika.
Setiawan, A. (2024). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi Digital. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Syahrial, M. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Literasi Digital. Surabaya: Media Pembelajaran.
Suhartini, T. (2024). Etika Digital dalam Dunia Pendidikan. Surabaya: Media Edukasi.
Siregar, R. (2025). Perkembangan Teknologi dalam Dunia Pendidikan di Aceh. Aceh: Penerbit Akademik.