TINJAUAN PENERAPAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN FISHBONE DIAGRAM

Isi Artikel Utama

Irwan Maulana
Ofik Taufiqurrohman
Nanang Mulyana
Riris Sapitri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management (TQM) dengan pendekatan Fishbone Diagram dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber ilmiah terkait alat manajemen mutu, seperti Shewhart Control Chart, Flow Chart, SWOT Analysis, dan Fishbone Diagram, serta relevansinya dengan dunia pendidikan. TQM dipandang sebagai paradigma yang efektif dalam menciptakan budaya peningkatan mutu yang berkesinambungan di lembaga pendidikan, sementara Fishbone Diagram menjadi alat analisis visual yang membantu mengidentifikasi akar penyebab permasalahan yang memengaruhi mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terintegrasi ini dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pendidikan melalui identifikasi sistematis terhadap masalah utama, seperti rendahnya kualitas tenaga pendidik, keterbatasan sarana dan prasarana, hingga kurangnya motivasi peserta didik. Fishbone Diagram juga memungkinkan lembaga pendidikan untuk memetakan faktor-faktor penyebab secara terstruktur dan mencari solusi yang relevan. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip TQM dan analisis Fishbone Diagram, lembaga pendidikan dapat memenuhi standar mutu yang ditetapkan dan menciptakan inovasi yang mendukung tujuan pendidikan nasional

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maulana, I., Taufiqurrohman, O., Mulyana, N., & Sapitri, R. (2025). TINJAUAN PENERAPAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN FISHBONE DIAGRAM. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 174-183. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.1533
Bagian
Articles

Referensi

Ahadi, G. D., Rahayu, S., FIkrianto, Muh., & Sutomo, S.Y. (2024) Evaluasi dan Kontrol Kualitas Kelengkapan Berkas Rekam Medis di Puskesmas Kediri Lombok Barat. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3)