INOVASI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST TRUTH: TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH UMUM TINGKAT MENENGAH

Isi Artikel Utama

Unang Sodikin
Dedi Supriadi
Samsuddin
Maryanton Nur Shamsul

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai respons terhadap tantangan era post-truth. Fokus utama penelitian ini adalah pada integrasi nilai-nilai Islam dengan teknologi modern, penguatan literasi digital Islami, serta pengembangan metode pembelajaran berbasis problem-solving dan critical thinking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur yang menelaah berbagai sumber relevan, termasuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait pendidikan Islam dan tantangan era post-truth. Analisis dilakukan untuk menggambarkan peluang, tantangan, dan strategi inovasi dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dalam pembelajaran PAI, seperti penerapan e-learning, gamifikasi, aplikasi Islami, dan model blended learning, mampu meningkatkan relevansi, daya tarik, dan efektivitas pembelajaran. Selain itu, penguatan literasi digital Islami dan kolaborasi lintas institusi terbukti menjadi peluang strategis untuk menghadirkan pembelajaran yang relevan di era digital. Namun, tantangan seperti akses teknologi yang tidak merata dan penyebaran informasi yang tidak valid tetap menjadi hambatan yang memerlukan solusi berkelanjutan. Artikel ini menyimpulkan bahwa inovasi pembelajaran PAI dapat membekali siswa dengan kemampuan kritis, etis, dan adaptif, sehingga mampu menghadapi tantangan global sekaligus memperkuat nilai-nilai Islam di era post-truth

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sodikin, U. ., Dedi Supriadi, Samsuddin, & Nur Shamsul, M. (2025). INOVASI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA POST TRUTH: TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH UMUM TINGKAT MENENGAH. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 346-362. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1577
Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman, A., Nurwahida, N., & Samsuddin, S. (2024). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Imam Al-Zarnuji: Kajian Literatur: The Concept of Adab Education in the Book of Ta’lim al-Muta’allim by Imam al-Zarnuji: Literature Review. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 182–201. Retrieved from https://litera-academica.com/ojs/tarbiyah/article/view/133

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Agusman, A., Samsuddin, S., & Maya, R. (2025). Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2928–2942. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3051

Ananda Dilonia, e. (2024). Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Karakteristik Peserta Didik di Era Dogital. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(3), 210-219.

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.

Dhenisha Agustine Fadilla dan Sarah Nurfadhilah. (2022). Penerapan Gamification Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Inovasi Kurikulum, 19(1), 34-43.

Diana. (2024, September 25). Memahami Era Post truth dan Dampaknya pada Literasi Digital. Retrieved Desember 25, 2024, from https://jakarta.telkomuniversity.ac.id: https://jakarta.telkomuniversity.ac.id/memahami-era-post-truth-dan-dampaknya-pada-literasi-digital/