PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL MORAL REMAJA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam membentuk moral remaja pada masa remaja, individu berada dalam fase perkembangan yang kritis dimana nilai-nilai moral dan etika mulai terbentuk dan terutama dalam diri mereka. Pedidikan agama islam mengajarkan panduan tentang prilaku yang baik, nilai-nilai moral, serta prinsip-prinsip etika yang mengarahkan remaja untuk membedakan antara yang benar dan salah. Melalui pembelajaran nilai-nilai ini remaja diharapkan mampu mengembangkan karakter positif seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kesopanan, serta menghindari prilaku negatif studi ini bertujuan menganalisa pengaruh pendidikan agama islam terhadap moral remaja dengan metode survei terhadap sejumlah responden, hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama islam signifikan. Dalm meningkatkan moralitas remaja terutama dalam aspek disiplin, empati dan prilaku sosial. Oleh karena itu, pendidikan agama islam menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan moral, remaja yang bermoral dan mampu berprilaku sesuai dengan ajaran agama dan nilai-nilai sosial
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Al-Syaibany. 1979. Falsafah al-Tarbiyyah al- Islamiyyah, Alih Bahasa: Hasan Langgulung, Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang)
Astutik, Y. dan Harmanto. 2013. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Siswa SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 2, No. 1, Tahun 2013.
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996 hlm 45
Bafadhol, Ibrahim. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia (Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam), Vol.06 No.11 Januari 2017), h.60-62
Darmadi, H. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung. Alfabeta
Hawari (2023) Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Nilai Moral Remaja.
Jurnal ilmiah Pendidikn Agama Islam fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado Volume 02 Nomor 02 2021 Journal Of Islamic education: The teacher of Civilazation.
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.
Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.
Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.
Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.
Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.