TANTANGAN DAN MASALAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE BLENDED LEARNING DI SDN 02 OGAN JAYA KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Isi Artikel Utama

Sobirin
Renol Abearto
Siti Patimah
Meilisa Sajdah
A. Latief Arung Arafah

Abstrak

Tantangan dan masalah pembelajaran pendidikan agama islam merupakan dua aspek fundamental yang saling terkait dalam menentukan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam terkait  tantangan dan masalah  pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode blended learning di SDN 02 Ogan Jaya. Berdasarkan analisis data hasil penelitian adalah implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode blended learning di SDN 02 Ogan Jaya. Desa Ogan Jaya  Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara masih perlu dikembangkan dan perlu kekompakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis blended learning sangat tepat dilakukan di SDN 02 Ogan Jaya, tetapi masih terkendala oleh jaringan internet yang belum begitu memadai hanya beberapa tower saja yang berdiri di suatu pedesaan terhusus desa Ogan Jaya di lokasi SDN 02 Ogan Jaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan masalah pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 02 Ogan Jaya Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dan masalah  pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode blended learning ini sangat efektif dan selaras untuk dapat mengatasi tantangan dan masalah tersebut sehingga dapat terciftanya lingkungan belajar yang  kondusif dan menyenangkan dengan demikian akan terbentuk generasi yang berkualitas

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sobirin, Abearto, R., Patimah, S., Sajdah, M., & Arung Arafah, A. L. (2025). TANTANGAN DAN MASALAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE BLENDED LEARNING DI SDN 02 OGAN JAYA KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 403-410. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1596
Bagian
Articles

Referensi

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Farid Ahmadi, Ibda, H. (2021). Education Design and Virtual Learning Technology. UK-Indonesian Scholars Network (UKISN). https://doi.org/https://www.waterstones.com/book/education-design-and-virtuallearning-technology/farid-ahmadi/9781838176747

Hamidulloh, Ibda, Aji, S. (2021). Program Gerakan Literasi Ma’Arif Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama (Wasatiyyah Islam). Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 166–181. https://doi.org/10.38075/tp.v15i2.232