PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-MUHAJIRIN LAMPUNG UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini merupakan langkah fundamental dalam pembentukan karakter anak. Media video sebagai sarana pembelajaran interaktif menawarkan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam menyampaikan nilai-nilai ini. Artikel ini membahas penggunaan media video dalam penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al Muhajirin Lampung Utara, serta dampak positif yang dihasilkan. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis efektivitas media video dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Islam pada anak yang ada di Taman Kanak-kanak Al Muhajirin Lampung Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video dapat meningkatkan minat dan keterlibatan anak dalam pembelajaran. Video dengan konten yang menarik dan relevan mampu mempengaruhi sikap anak terhadap nilai-nilai positif seperti kejujuran dan kasih sayang. Namun, keterlibatan orang tua dan guru tetap penting dalam memandu dan memastikan konten yang tepat. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan agama dan menyoroti pentingnya kolaborasi antara teknologi dan pendidik untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayat, A. (2015). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2018). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Ahmadi, A., & Salim, N. (2004). Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 141.
Bagus Kusnanto, R. A. (2019). Belajar Melalui Seni Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang, 6(2), 157.
Budiningsih, A. (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Departemen Agama Republik Indonesia. (1989). Al Quran dan Terjemahannya. Semarang: CV Toha Putra.
Fernando, A., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ibung, D. (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Khayatul Virdyna, N. (n.d.). Media Pembelajaran.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rizki Safira, A. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caramedia Communication.
Riyana, C. (2007). Media Video Pembelajaran.
Zubaedy, M. (2018). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19. Jurnal Kependidikan, 12(2), 138-139.
Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.
Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44.
Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.
Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.
Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101