BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH KUNCI MENUJU SUKSES AKADEMIK DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA

Isi Artikel Utama

Mira Fauziah
Muhammad Zaini
Mahdi NK

Abstrak

Bimbingan dan konseling merupakan pilar penting dalam pendidikan dasar. Layanan ini tidak hanya fokus pada masalah akademik siswa, tetapi juga berperan krusial dalam membentuk karakter sosial dan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana bimbingan dan konseling berkontribusi dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendukung kesuksesan siswa secara menyeluruh. Melalui analisis data dari berbagai studi kasus dan statistik, penelitian ini akan mengkaji dampak bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi akademik serta kesejahteraan emosional siswa. Dengan kata lain, penelitian ini ingin menunjukkan bagaimana bimbingan dan konseling dapat membantu siswa tidak hanya meraih nilai yang baik, tetapi juga tumbuh menjadi individu yang seimbang dan siap menghadapi tantangan kehidupan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, M., Zaini, M., & NK, M. . (2025). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH KUNCI MENUJU SUKSES AKADEMIK DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 421-429. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1599
Bagian
Articles

Referensi

Arifai, A. (2020). PROBLEMATIKA DAN LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Raudhah Bangga Menjadi Profesional: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1). https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.1

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R.A., & Afgani, MW (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Evi, T. (2020). MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Ginting, RL (2020). PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18996

Laia, BM, Zagoto, S., & Zagoto, SFL (2021). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Konseling Untuk Semua (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 1(2). https://doi.org/10.57094/jubikon.v1i2.349

Listari, DA, & Rabbani, MF (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik, 2(1). https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.312

Noviawati, E., Yusuf L.N., S., & Nurihsan, A.J. (2016). EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI, EFIKASI DIRI, DAN PRESTASI AKADEMIK. Edusentris, 3(2). https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i2.216

Oktaviani, SN, & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa. Edukatif: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.120

Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745

Saputra, A., & Suryadi, A. (2022). PRINSIP PENGELOLAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENTAL BERBASIS ISLAM. Perspektif, 1(4). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i4.204

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM KURIKULUM 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2). https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Zal, F., Akhyar Lubis, S., & Neliwati, N. (2022). IMPLEMENTASI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI UNTUK PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA KELAS 1 MAN 1 MEDAN. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2). https://doi.org/10.47006/er.v6i2.6865

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS PERMENDIKBUD NOMOR 111 TAHUN 2014. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.256

Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.

Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44.

Riva'i, F.A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.

Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.

Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101.