INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PENDIDIKAN MODERN DI SMK KESEHATAN AISYIYAAH BIMA

Isi Artikel Utama

Muhammad Irfan

Abstrak

Pendidikan modern di era globalisasi menuntut keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan modern menjadi aspek penting dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan profesional di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan di SMK Kesehatan ‘Aisyiyah Bima serta dampaknya terhadap peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dilakukan melalui kurikulum, budaya sekolah, dan keteladanan guru. Kurikulum di SMK Kesehatan ‘Aisyiyah Bima menggabungkan materi keislaman dalam pembelajaran kesehatan, seperti etika dalam pelayanan medis dan nilai-nilai kejujuran dalam praktik kesehatan. Selain itu, budaya sekolah seperti shalat berjamaah, pembacaan Al-Qur'an, serta pembiasaan sikap disiplin dan tanggung jawab turut memperkuat nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Implikasi dari integrasi ini adalah terciptanya lingkungan pendidikan yang religius dan profesional, serta lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan di bidang kesehatan tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan modern di SMK Kesehatan menjadi strategi efektif dalam menciptakan generasi yang berkompeten dan berakhlak

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Irfan, M. (2025). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PENDIDIKAN MODERN DI SMK KESEHATAN AISYIYAAH BIMA. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 447-457. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1614
Bagian
Articles

Referensi

Abdulhak. Pendidikan Kontekstual: Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Modern. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Ali, Muhammad. Pendidikan Karakter; Konsep Dan Implementasi Dalam Pendidikan Formal Dan Informal. Yogyakarta: LKiS, 2019.

Al-Khulaifi, Muhammad Fs. Integrasi Pengetahuan Dan Iman: Peran Agama Dalam Pendidikan Ilmu Modern. Jakarta: Akademika, 2021.

Baharudin. Dikotomi Pendidikan Islam. Bandung: Remaja RosdaKarya, 2011.

J. W, Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2014.

M. Q., Patton. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2015.

M. Rahman, Laila. Persimpangan Ilmu Dan Spritualitas Dalam Isu Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Universitas, 2022.

Misbahul, Munir. Pendidikan Islam: Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Al-Maarif, 2020.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.” XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2018).

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Muhsinin, Muhsinin. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013). Accessed February 17, 2025. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/751.

Mustaqim, Mustaqim. “Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Islam.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 11, no. 2 (2017). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/273.

Syahrani, Ahmad Z. Pendidikan Dan Etika: Jembatan Antara Ilmu Dan Agama. Bandung: Penerbit Ilmiah, 2019.

Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.

Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44.

Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.

Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.

Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101.