PUBLIC PERSPECTIVE ON THE ROLE OF SUFISM IN THE MODERN ERA IN INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas sudut pandang masyarakat terhadap peranan tasawuf pada era modern di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah teori tasawuf, sedangkan objek materialnya ialah realitas masyarakat modern. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sudut pandang masyarakat terhadap peranan kerangka tasawuf lahiriyah
dan batiniyah dipahami sebagai solusi dalam mengatasi problematika
era modern. Penelitian ini menyimpulkan ternyata tasawuf berperan dalam mengatasi berbagai problem era modern menurut sudut pandang masyarakat di tanah air. Penelitian ini merekomendasikan kepada lembaga dan organisasi keagamaan Islam untuk melakukan pengembangan peranan tasawuf secara luas dan solutif dalam mengatasi problematika masyarakat pada era modern di Indonesia.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Annisa Safira, D. (2022). Public Perspective on the Role of Sufism in the Modern Era in Indonesia. Gunung Djati Conference Series, 8, 226–237.
Darmalaksana, W. (2020). Qualitative Research Methods of Literature Studies and Wahyudin Field Studies. In Pre-print Digital Library. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193
Didin Komaruddin. (2019). The concept of modern Sufism in the thought of Nasaruddin Umar. Syifa Al-Qulub, 2(January), 96–111. journal.uinsgd.ac.id/index.php/syifa-al-qulub
Haryati, T. A., & Kosim, M. (2010). Sufism and Challenges. Ulumuna, XIV(02), 413–428.
Huda, S. (2017). Historical Characters of Classical, Moren, and Contemporary Sufism. Theosophy: Journal of Sufism and Islamic Thought, 7(1), 64–95.
Kusmanto, H. (2013). The Role of Regional Consultative Bodies in Increasing Community Political Participation. 1(1), 39–47.
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.
Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.
Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.
Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.
Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.