RUMUSAN OPERASIONAL VISI, MISI DAN TUJUAN DALAM SISTEM ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Visi dan misi merupakan elemen krusial dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang berfungsi sebagai panduan dalam penetapan tujuan dan pengembangan strategi. Visi diartikan sebagai gambaran masa depan yang ideal, berorientasi pada pencapaian keridhaan Allah SWT, serta mencakup aspek kehidupan dunia dan akhirat. Misi, sebagai upaya konkret untuk mewujudkan visi, menjelaskan metode yang harus digunakan oleh lembaga agar mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam proses merumuskan visi dan misi, penting untuk melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pendidikan agar tercipta kesepakatan dan komitmen bersama. Namun, merumuskan visi dan misi tidak tanpa tantangan, termasuk perbedaan pandangan mengenai ajaran Islam dan kebutuhan zaman yang cepat berubah. Artikel ini akan membahas pentingnya visi dan misi dalam konteks pendidikan Islam, tantangan yang dihadapi dalam perumusannya, serta strategi yang dapat diimplementasikan untuk menghadapi kebutuhan pendidikan masa kini. Melalui pemahaman yang mendalam, diharapkan lembaga pendidikan Islam dapat menghasilkan generasi yang kompeten, bertanggung jawab, dan mampu menghadapi tantangan dunia dengan tetap berpegang pada nilai-nilai keislaman
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Abuddin Nata, “Penguatan Materi Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam,” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2020): 244–66,
Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347–367. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.346
Amirudin, M. F., Helandri, J., Lusia, Y. C., Melina, V., & Dinanti, R. D. (2024). Merumuskan Visi, Misi, Fungsi Dan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ej, 7(1), 89–103. https://doi.org/10.37092/ej.v7i1.842
(Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang | Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, t.t.)