ANALISIS STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DAN DIGITALISASI SEKOLAH DALAM RENSTRA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Isi Artikel Utama

Revi Adekamisti
Hamengkubuwono
Jumira Warlizasusi
Irwan Fathurrochman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendidikan karakter dan digitalisasi sekolah yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang tahun 2021–2026. Metode yang digunakan adalah analisis dokumen terhadap Renstra tersebut sebagai acuan kebijakan jangka menengah dalam pembangunan sektor pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter difokuskan pada integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum, pelatihan guru secara berkelanjutan, serta penguatan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan kepribadian peserta didik. Sementara itu, strategi digitalisasi sekolah meliputi pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), peningkatan kompetensi digital guru dan tenaga kependidikan, serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Kedua strategi ini saling mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik di Kabupaten Kepahiang, dengan harapan mampu menjawab tantangan abad ke-21 serta memperkuat daya saing generasi muda di tingkat lokal maupun global

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Adekamisti, R., Hamengkubuwono, Warlizasusi, J., & Fathurrochman, I. (2025). ANALISIS STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DAN DIGITALISASI SEKOLAH DALAM RENSTRA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN . TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 74-85. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.1770
Bagian
Articles

Referensi

Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9333.

Alfikri, M. Y., & Fajar, M. I. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 3(3), 1093.

Annisa, M. N., & others. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. BINTANG, 2(1), 37.

Bandura, A. (2016). Moral Disengagement in the Perpetration of Inhumanities. Personality and Social Psychology Review, 20(3), 193–209.

Bandura, A. (2018). Social Learning Theory. Routledge.

Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang. (2021). Rencana Strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang Tahun 2021–2026. Dikbud Kepahiang.

Fitria, N., & Kurniawan, D. (2021). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Nilai-Nilai di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 33–45.

Fullan, M. (2013). Stratosphere: Integrating Technology, Pedagogy, and Change Knowledge. Pearson.

Hasbullah, & Heriyanto. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Lokal sebagai Upaya Menumbuhkan Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 145–158.

Hidayati, N. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 23–35.

Jumira Warlizasusi. (2018). Strategi Perencanaan Pendidikan dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 139–150. https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/664

Kemendikbudristek. (2020). Panduan Program Guru Penggerak. Direktorat Jenderal GTK.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Program Digitalisasi Sekolah. Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional PPs Universitas PGRI Palembang, 480.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1), 4.

Komariah, A., & Triatna, C. (2009). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara.

Krippendorff, K. (2013). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (3rd ed.). SAGE Publications.

Lestari, I., & Nurhayati, T. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Kegiatan Sekolah: Suatu Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45–59.

Marzuki, A., & Widodo, S. (2020). Keteladanan Guru dalam Pendidikan Karakter: Studi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 401–412.

Mu’minah. (2024). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Journal on Education, 6(3), 15795–15800.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (2017).

Ramli, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pembiasaan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 89–100.

Sari, R., & Hartono, A. (2020). Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Tata Kelola Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 55–66.

Suparno, P. (2018). Teori Konstruktivisme dalam Pendidikan: Perspektif Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Susanti, N., & Wijayanti, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 134–145.

Syamsuddin, R., & Fitriani, Y. (2020). Pembiasaan Nilai-Nilai Moral dalam Kegiatan Harian Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Moral Indonesia, 5(2), 112–123