EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menganalisis efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM di lembaga pendidikan melalui studi pustaka. Data dikumpulkan dari literatur dan dianalisis secara kualitatif dengan analisis konten, termasuk definisi, tujuan, jenis, proses, dan efektivitas program. Pelatihan dan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi dan produktivitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara efisien. Metode pelatihan termasuk pelatihan di tempat kerja dan di luar pekerjaan. Efektivitas program diukur melalui evaluasi sebelum, selama, dan sesudah implementasi, dengan indikator peningkatan pengetahuan, perubahan perilaku, dan peningkatan kinerja kelembagaan. Keberhasilan tercermin dari peningkatan kinerja guru, prestasi siswa dan pencapaian standar pendidikan nasional. Studi ini menyimpulkan bahwa pelatihan yang efektif memiliki dampak yang signifikan pada institusi dan pengguna layanan, menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk memastikan relevansi dan dampak program
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812.https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155