PERAN STRATEGIS MANAJEMEN DAN ARAH ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis manajemen dan arah organisasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SMP Buana Waru. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengungkap bagaimana kepala sekolah dan struktur manajemen mengarahkan visi dan kebijakan sekolah dalam menghadapi tantangan pendidikan Islam modern. Hasil observasi menunjukkan bahwa perencanaan strategis, pelibatan seluruh unsur organisasi, dan kepemimpinan berbasis nilai Islam menjadi faktor penting dalam membentuk lingkungan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas manajerial dan sinergi internal organisasi sebagai langkah strategis menuju perbaikan berkelanjutan dalam mutu pendidikan Islam
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Arifin, M. (1993). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Husni, M. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2012). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2021). Exploring the role of digital leadership, e-learning, and organizational learning on performance of higher education. Heliyon, 7(10), e08298. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08298
Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sauri, S., & Taufik, M. (2019). Pengelolaan Humas dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 58–70. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.4256
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zuhairini, dkk. (1993). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara