PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU DALAM SITUASI KETERBATASAN TENAGA PENGAJAR DI SDIT AL-FATHIMIYAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menganalisis taktik peningkatan kualifikasi pengajar pada SDIT Al Fathimiyah pada menghadapi keterbatasan energi pengajar.Pendekatan kualitatif studi perkara dipakai menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi pribadi pada lapangan, dan analisis banyak sekali dokumen pendukung.Hasil penelitian memberitahuakn bahwa taktik yg diterapkan sekolah meliputi training internal yg rutin, kerja sama eksternal menggunakan forum pendidikan lain, dan integrasi unsur seni, khususnya musik, pada proses pembelajaran buat menaikkan motivasi & efektivitas mengajar.Tantangan primer yg dihadapi merupakan keterbatasan aturan operasional, tingginya beban kerja pengajar yg merangkap banyak sekali peran, dan akses yang terbatas terhadap training bersertifikat.Meskipun demikian, sekolah terus berinovasi pada membentuk solusi kreatif.Penelitian ini menaruh wawasan mudah & teoretis yg bisa dijadikan dasar pada perumusan kebijakan peningkatan mutu pendidikan pada sekolah-sekolah menggunakan keterbatasan asal daya
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. 2023. “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28.
Ismunandar, A., & Kurnia, A. n.d. “Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 388-397.
Muhtadin, M. A., & Laksono, T. A. n.d. “Analisis Kompetensi Guru Dalam Perspektif Islam Dan Permendiknas.” Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6{1},17-37.
Ngatmiyatun, B. 2021. “Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office 365 Melalui Pelatihan Dan Simulasi Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 77-85.
Rafid, R., & Tinus, A. 2019. “Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga.” Kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 188-198.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. 2023. “Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), 65-75.
Salma, Z., Nasution, M., & Panjaitan, M. A. 2024. “Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital.” Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1).
Santosa, A., & Agung, I. 2017. “Dinamika Lptk Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (World Class University/Wcu).” Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1),.
Winarti, E. 2018. “Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1-26.
Wulandari, H., & Nurhaliza, I. n.d. “Mengembangkan Potensi Guru Yang Profesional Dalam Proses Belajar Mengajar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2)