EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen penguatan pendidikan karakter melalui pendekatan berbasis kelas di SDN Karawang Kulon I. Dengan menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi dan wawancara semi terstruktur dengan guru kelas V yang menerapkan pendidikan karakter secara langsung di kelasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif seperti asesmen diagnostik, pembelajaran kelompok, dan pendekatan kinestetik telah berhasil diintegrasikan ke dalam praktik mengajar sehari-hari. Guru menekankan pentingnya menciptakan lingkungan kelas yang aman, positif, dan inklusif untuk mendorong partisipasi siswa dan mendukung pembentukan karakter. Manajemen kelas dilakukan melalui penetapan aturan yang jelas, pengelompokan kolaboratif, pemberian umpan balik, dan pemodelan perilaku yang diinginkan secara konsisten
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Alvauziah, D. M., Prawati, E., Anggraini, P. Y., Agama, I., Sunan, I., & Ponorogo, G. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pengelolaan Kelas Modern The Role of Technology in Improving Modern Classroom Management. IJELAC: Indonesian Journal of Education, Language, and Cognition, 1(1), 45–53. https://edujavare.com/index.php/Ijelac
Aviatin, R., Robandi, B., & Komalasari, Y. (2023). Keteladanan Guru dalam Mendidik Peserta Didik. Pendidikan Indonesia, 21(1), 259–264